4 Manfaat Pandan Wangi yang Baik Bagi Kesehatan

Pandan wangi atau yang kita kenal dengan daun pandan merupakan jenis tanaman monokotil dari suku Pandanaceae dengan daunnya memiliki aroma harum yang khas. Daunnya sering digunakan sebagai penyedap masakan Indonesia seperti nasi kuning, nasi uduk, bolu kukus pandan dan sebagainya. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini berasal dari Asia Tenggara. Pandan wangi mudah dijumpai di pekarangan rumah atau tepi-tepi selokan yang teduh. Pandan wangi memiliki akar tunggang yang dapat menopang bila sudah tumbuh cukup besar. Daun pandan wangi berbentuk panjang seperti daun palem yang tersusun secara rapat. Rata-rata panjang daun pandan wangi dapat mencapai 60 cm dengan tiap varietas memiliki daun yang bergerigi di permukaannya.

khasiat pandan wangi

Selain digunakan sebagai pengharum masakan dan pewarna alami, pandan wangi ternyata dapat diolah menjadi ramuan tradisional herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Dalam setiap helai daun pandan wangi terdapat senyawa-senyawa seperti flavonoida, polifenol, alkaloida, dan tanin yang dibutuhkan oleh organ tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut 10 manfaat pandan wangi yang baik bagi kesehatan:

  1. Mengobat rematik dan pegal linu
    Rematik dan pegal linu sering menyerang orang yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat menyerang orang yang masih berusia muda. Rematik disebabkan oleh penumpukan purin pada sendi-sendi tulang. Sedangkan pegal linu merupakan penyakit lanjutan dari rematik yang mengganggu otot-otot tulang sehingga berdampak pada menurunnya produktivitas. Zat-zat seperti alkaloida dan polifenol baik untuk melawan rematik dan pegal linu. Ambil 3 lembar daun pandan wangi lalu, kemudian iris tipis-tipis. Panaskan ½ gelas minyak kelapa lalu sedih bersama 3 lembar daun pandan tersebut. Aduk hingga daun menjadi layu dan diamkan sampai dingin.
  2. Menambah nafsu makan
    Pandan wangi dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada anak selain menggunakan temulawak dan kunyit. Aroma wangi yang dihasilkan oleh daun pandan merangsang indera penciuman dan perasa sehingga baik untuk anak-anak dengan nafsu makan yang kurang. Siapkan 2 lembar daun pandan kemudian rebus bersama dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas saja, tambahkan madu sebagai pemanis alami yang menyehatkan. Minum racikan daun pandan 2 kali sehari secara teratur.
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
    Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Bila sudah meningkat, penyakit ini akan memicu datangnya penyakit lain seperti stroke. Sebagai pencegahan dan pengobatan daun pandan bisa dimanfaatkan. Polifenol yang terdapat dalam pandan wangi dapat mengontrol tekanan darah sehingga mencegahnya untuk naik. Membuat ramuannya pun cukup mudah dan hampir sama dengan racikan sebelumnya. Sediakan 2 lembar daun pandan yang direbus dengan 2 gelas air matang sampai mendidih. Minum air rebusan tersebut  2 kali sehari pada pagi dan sore hari.
  2. Menghilangkan ketombe
    Ketombe merupakan kotoran putih pada folikel rambut akibat menumpuknya minyak dan kotoran. Flavonoid pada daun pandan berfungsi untuk membersihkan rambut dari sisa an ketome dengan pandan wangi cukup mudah. Ambil 7 lembar daun pandan wangi kemudian cuci sampai bersih. Haluskan dengan cara ditumpuk atau menggunakan blender. Tambahkan setengah cangkir air bersih lalu remas-remas daun pandan tersebut dan saring airnya. Gosokkan pada rambut secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Setelah beberapa menit keramaslah sampai bersih.

Itulah 4 manfaat yang dapat diperoleh dari pandan wangi yang baik untuk kesehatan. Selain sebagai bahan masakan, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan dan membantu memelihara tubuh secara alami.

Baca Juga : 

Mungkin Anda Menyukai