5 Manfaat Pare dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal jenis tanaman yang satu ini?. Pare sering digunakan sebagai bahan utama dalam sebuah masakan seperti tumis pare pedas. Namun tidak semua orang menyukai rasa pahitnya yang begitu kuat terasa di lidah. Meskipun pahit tanaman masih digemari oleh sebagian orang karena sensasi rasa pahitnya yang begitu unik. Pare atau peria merupakan tanaman merambat yang berasal dari Asia Selatan terutama daerah India bagian yaitu Assam dan Burma.

Pare dapat tumbuh merambat, memanjat Tanaman yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia l. Ini memiliki buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan kulit yang bergerigi. Pare dapat tumbuh merambat atau menjulur secara spiral dengan banyak cabang serta batangnya yang berusuk isma. Buah pare berbentuk bulat memanjang dengan 8-10 rusuk memanjang, berbintik tidak beraturan, rasanya pahit dan berwarna hijau. Bila sudah matang warnanya akan berubah menjadi orange dengan tiga daun buah. Pare dapat tumbuh subur di dataran rendah dan dapat ditemukan di tempat-tempat seperti tegalan, tanah lapang, atau ditanam dengan cara dirambatkan ke pagar untuk diambil buahnya.

manfaat pare bagi kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Tanaman pare tidak hanya enak untuk dijadikan bahan pelengkap dalam masakan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman pare telah dibudidayakan sebagai obat herbal untuk memelihara kondisi tubuh. Dalam satu batang tanaman pare segar mengandung asam folat, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks dan phyto nutrein yang diperlukan oleh tubuh.  Meskipun begitu ternyata penggunaan pare sebagai obat perlu diperhatikan karena ternyata dapat menimbulkan efek samping. Lalu, apa sajakah khasiat dan efek samping dari tanaman pare? Berikut 5 manfaat dan efek samping pare bagi kesehatan:

  1. Mencegah penuaan pada kulit
    Penuaan pada kulit terjadi akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas seperti polusi udara. Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, mengonsumsi pare sangat dianjurkan. Pare mengandung vitamin c sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas sehingga proses penuaan pun dapat diperlambat.
  2. Mengatasi kulit kepala kering dan gatal
    Kulit kepala kering dan gatal sudah tentu mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada rambut. Pare dapat dijadikan masker rambut untuk mengatasi gatal dan kering pada kulit kepala. Vitamin C pada pare tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit melainakn dapat mengusir rasa gatal dan memberi rasa segar pada kulit.
  3. Mengobati diabetes melitus (DM) tipe 2
    Pare mengandung phyto nutrein yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil pada penderita diabetes melitus tipe-2. Rasa pahit dalam pare berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga terhindar dari komplikasi penyakit.
  4. Melancarkan buang air besar (BAB)
    Tanaman pahit ini juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembuangan lemak dan racun serta melindungi usus dari ancaman penyakit kronis seperti kanker usus besar.
  5. Membantu melangsingkan tubuh
    Memiliki tubuh langsing merupakan idaman setiap kaum hawa karena tubuh yang langsing dapat menunjang penampilan. Pare dapat membantu program diet karena memiliki kalori yang rendah serta kecukupan serat yang tinggi sehingga dapat membuang lemak jahat pada tubuh melalui kotoran.

 

Efek Samping Pare

Meskipun pare kaya akan manfaat di dalamnya, namun perlu diperhatikan penggunaan jangka panjangnya. Bagi penderita diabetes, pare berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah tapi konsumsi pare secara berlebihan dapat menurunkan kadar gula secara drastis. Oleh karena itu diperlukan monitoring yang tepat agar kadar gula darah tetap terjaga. Selain itu, kadar gula dalam darah yang terlalu rendah dapat berdampak pada kondisi seseorang yang menjalani operasi bedah. Sebaiknya konsumsi pare dalam takaran yang wajar agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :

Mungkin Anda Menyukai