5 Manfaat Utama dari tanaman Meniran

5 Manfaat Utama dari tanaman Meniran

Meniran, nama latinnya adalah Phyllanthus Urinaria. Untuk daerah perkotaan akan jarang kita temui tanaman ini. Tapi untuk daerah berkembang dan pedesaan tanaman ini layaknya tanaman liar. banyak orang ynag tidak mengetahui banyaknya manfaat dari tanaman ini.

Tanaman ini sekilas bentuk daunnya mirip dengan tanaman putri malu, tetapi tanaman ini tidak berduri, dan dibagian batang daun akan muncul bulatan-bulatan biji untuk berkembang biak.

Kandungan zat yang ada di tanaman meniran sangat bermanfaat bagi tubuh. Sekarang banyak penelitian dilakukan untuk tanaman meniran, untuk mencari manfaat lebih dari tanaman ini yang belum diketahui.

Kandungan Zat yang ada di dalam tanaman meniran seperti : kalium, phyllanthin, zat samak, niranthin, asam ricinoleic, asam ascorbic, dammar, hidroksinirantim, dll.

Hampir semua bagian dari tanaman meniran bermanfaat, akarnya, daunnya, bahkan batangnya pun bermanfaat.

Berikut 5 Macam Manfaat Tanaman Meniran yang dapat kita manfaatkan

  1. Mengatasi Masalah Hipertensi atau darah tinggi.
    Rebus tanaman meniran (akar, batang, daun) bersama akar alang-alang, daun jambu biji muda, daun pepaya muda dan masukkan juga gula jawa, agar hasil rebusan yang akan diminum tidak terlalu pahit.
    Minum air rebusan tersebut paling tidak 3 x sehari (pagi, siang, dan sore)
  2. Mengobati Hepatitis
    Air hasil rebusan daun meniran sangat ampuh untuk mengeluarkan zat-zat racun dari tubuh anda. Jangan lupa minum air putih yang banyak. Air Rebusan Meniran dicampur dengan Temulawak akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit ini.
  3. Mengatasi Diabetes
    yang yang terkandung didalam tanaman meniran ini (hypophyllanthin dan phyllanthin) dapat mengatur kadar gula dalam tubuh anda. Setelah anda mengkonsumsi sesuatu, sebaiknya setelah itu mengkonsumsi air rebusan tanaman ini.
  4. Memperkuat sistem imun
    Dengan Meminum Rebusan air meniran secara rutin, maka akan meningkatkan sistem imun anda, anda akan jarang sakit, nyeri, dan lain-lain.
  5. Mengatasi Malaria
    Penyakit malaria sangat berbahaya, harus cepat diatasi, bila meminum air rebusan ini, demam dan nyeri yang dialami akan berkurang.

 

Baca Juga Artikel Tentang :