Akar Manis Manfaatnya Bagi Kesehatan

Akar Manis – Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengenal dan mengetahui manfaat akar manis. Akar manis berasal dari tanaman licorice yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa wilayah di Asia. Akar manis memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya.

Kandungan senyawa yang ada di dalam akar manis/licorice antara lain adalah Glycyrrhizin, vitamin E, B, Mineral, Zat Besi dan lainnya, licorice juga memiliki sifat anti-inflammatory, anti-ulcer, anti-viral, anti-oksidan, anti-tumor, anti-fungal, anti-bactery dan masih banyak lainnya. Karena itulah manfaat dan khasiat akar manis sangat banyak untuk kesehatan. Berikut adalah manfaatnya.

1. Menjaga Pencernaan
Akar ini  memiliki sifat anti-inflammatory dan anti-bacterial yang mencegah bakteri atau racun masuk serta mencegah terjadinya inflamasi atau pendarahan. Manfaat akar manis terbukti bisa dalam mengobati berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, maag, sembelit, keracunan makanan, infeksi organ percernaan bahkan ampuh mengatasi peradangan

2. Sebagai Obat Sariawan
Di dalam akar manis memiliki senyawa anti-inflammantory yang membantu menghilangkan rasa sakit. Cara konsumsi adalah meminum kapsul akar manis, biasanya bermerk licorice deglyrrhizinated dengan 200 gr yang beredar. Akar manis juga ampuh mengobati sariawan dan masalah mulut lainnya. Tidak hanya itu, akar manis juga dapat dijadikan sebagai penangkal virus herpes.

3. Menjaga Tubuh Tetap Ideal
Mengkonsumsi ramuan licorice secara rutin dapat menjaga berat tubuh sehingga tetap ideal dan dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan flavonoids dalam akar licorice ampuh mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.

4. Meningkatkan Imun
Licorice yang memiliki kandungan macrophage serta lymphocytes dapat meningkatkan daya tahan tubuh/imun terhadap bakteri maupun radikal bebas

5. Obat Gejala Peradangan
Peradangan dalam tubuh dapat mengakibatkan rheumatic dan pembengkakan. Akar manis sangat ampuh mengatasi masalah peradangan khususnya bengkak karena mengandung anti-inflammatory yang dapat mengatasi rasa sakit bengkak dan sakit pada persendian.

6. Mencegah Stress/Depresi
Akar manis yang terbukti bisa atasi depresi berlebih karena kandungan glycyrrhizin dapat meningkatkan kerja adrenal yang mengatur rasa gelisah. Selain itu, kalsium, flavonoids, beta karoten dan magnesium berpotensi besar mencegah depresi.

7. Mengatasi Masalah Haid
Ketika haid datang muncul seperti rasa panas seluruh tubuh, keringnya daerah kemaluan, mood tak bagus, susah tidur dan depresi. Anda dapat mengatasi gejala tersebut dengan ramuan akar manis karena kandungan phytoestrogenik, vitamin B, estrogen dan progesterone yang membantu menghilangkan gejala negatif haid.

8. Menjaga Kesehatan Mulut
Anti-bacterial dan anti-mikroba terkenal sebagai zat senyawa yang ampuh membunuh bakteri dari sisa-sisa makanan dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, akar manis dapat dijadikan obat bau mulut dengan cara pemakaian digunakan airnya untuk kumur-kumur, sekarang sudah tersedia pasta gigi serta obat kumur-kumur terbuat dari akar manis. Namun untuk memaksimalkan, sikat gigi dengan normal siang malam agar kesehatan mulut lebih terjaga.

9. Pelindung Organ Dalam Terutama Liver
Hasil penelitian menyatakan ternyata khasiat akar manis dapat melindungi organ dalam khususnya liver yang mengalami gangguan salah fungsi. Kandungan dalam licorice dapat membuat liver lebih sehat dan ampuh mencegah hepatitis. Kandungan anti-oksidan bisa melawan toksin serta radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Tidak hanya itu, akar manis juga ampuh mengatasi penyakit asam lemak.

10. Mencegah Infeksi Pernapasan
Manfaat terakhir dari licorice adalah membantu melawan gangguan organ-organ pernapasan akibat infeksi. Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi adalah batuk, sakit tenggorokan, pilek sampai asma dapat disembuhkan. Dalam hal ini, cara pengkonsumsiannya adalah dengan mencampurkan akar manis kedalam minuman teh atau kopi Anda. Lakukan hal tersebut jika gejala-gejala diatas muncul.

Sebagai obat herbal akar manis bila dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan tidak memiliki efek samping namun alangkah baiknya bila tetap berkonsultasi dengan dokter.

 

Baca Juga Artikel Tentang :