Cara Memanfaatkan Nanas Kerang Bagi Kesehatan

Pernah mendengar tanaman nanas kerang? Tanaman ini adalah tanaman obat, di mana sering kali digunakan untuk hiasan bagi sebagian masyarakat. Padahal manfaatnya lebih dari hanya sekedar hiasan belaka. Meksiko serta Hindia barat adalah asal muasal dari tumbuhan nanas kerang.

Tetapi di Indonesia tanaman ini sangat mudah dan gampang sekali untuk ditemukan. Karena memang Indonesia memiliki tanah dengan kelembapan yang cocok untuk tumbuhnya nanas kerang. Tanaman yang memiliki nama ilmiah tradescantia spathacea ini berasal dari golongan plantae commelinaceae.

Sangat gampang mengidentifikasi tanammai ini. Dimana tingginya hanya mampu mencapai 60 cm dengan Batang yang pendek lurus dan kasar. Daunnya sangat mirip dengan tanaman pandan. Namanya mungkin dilihat dari bentuknya yang menyerupai kerang.

Banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman hias saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar kegunaan dari nanas kerang yang memiliki khasiat dalam mengobati beberapa penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari segi kesehatan dan pengobatan yang mengunakan nanas kerang sebagai bahan utamanya. Manfaat nanas kerang bagi kesehatan dapat dikatakan sangat banyak. Diantaranya sebagai berikut ini.

  • Mengatasi batuk biasa maupun batuk berdahak
  • Meredakan flu dan sakit pada tenggorokan
  • Mengatasi wasir / ambeien
  • Pencegahan terhadap bronkitis dan TBC
  • Mampu meredakan urat atau otot yang diakibatkan salah gerak atau terkilir
  • Memar dan juga bengkak akibat terjadinya benturan dapat teratasi dan hilang dengan nanas kerang.
  • Dan masih banyak lainnya dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

Sedangkan dalam mengobati nanas kerang dapat digunakan dalam dua versi yakni: Dalam mengunakan obat herbal alami nanas kerang anda bisa mengunakan ya dengan cara mengkonsumsi. Tetapi harus diolah terlebih dahulu. Bagian yang dapat anda ambil adalah daun dan juga bunganya.

Caranya dengan merebusnya bersama air bersih kemudian air rebusan tadi anda minum. Pengunaan ini biasanya digunakan dalam mengatasi masalah TBC, Flu dan lain sebagainya. Agar lebih optimal lagi dan rasanya ramah dengan anda maka boleh tambahkan sedikit gula merah ketika akan meminumnya.

Selain itu anda juga bisa mengunakannya sebagai obat luas. Kalau ini sangat sederhana seperti obat luar pada umumnya. Anda cukup menghaluskan daun dan juga bunganya untuk kemudian Anda letakan pada bagian luar tubuh anda yang sakit. Misalnya Anda terkilir, atau memar akibat benturan.

Begitu tadi beberapa penjelasan dan juga cara sederhana sekaligus singkat dalam mengunakan nanas kerang sebagai obat alami herbal. Anda bisa langsung menggunakan dan mempraktekan sendiri untuk bisa merasakan manfaat dan khasiatnya. .

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai tanaman obat yang satu ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan juga membantu anda mengatasi masalah kesehatan dengan cara herbal.

Baca Juga :

 

Mungkin Anda Menyukai