Cara Pemakaian Waru Lengis Sebagai Obat Herbal

Waru lengis, ini merupakan istilah yang terdengar asing terutama di kalangan masyarakat kota. Karena memang tumbuhan ini banyak tumbuh dengan subur dai daerah perkampungan, di mana biasa disebut dengan pohon waru. Tanaman yang tumbuh liar di kampung dan biasanya sering digunakan sebagai pembungkus makan ketika ada hajatan.

Tetapi apabila anda lebih mengenal tanaman waru lengis ini ternyata banyak yang digunakan untuk berbagai manfaat. Penelitian yang duah dilakukan ternyata waru lengis ini mampu menjadi bahan pengobatan tradisional yang bisa membuat rambut tumbuh dengan subur.

Bagian yang biasa digunakan sebagai bahan obat herbal pada akar daun dan juga bunga dari waru lengis. Berikut merupakan obat yang bisa dihasilkan dari pohon waru lengis ini:

  • Batuk

Rebus perasan daun waru lengis dengan air yang mendidik kemudian anda minum rebusan tersebut. Kalau tidak tahan rasanya anda gunakan madu. Jangan menggunakan gula karena bisa menyebabkan batuk anda semakin bertambah parah.

  • Radang amandel

Cari daun waru yang masih muda rebus dengan air dan dinginkan untuk kemudian anda gunakan berkumur dan diminum satu teguk saja. lakukan 3 sampai 4 kali dalam sehari.

  • Muntah darah

10 daun waru lengis dengan bersih dan giling kemudian ditambahkan ari dan gula. Jangan lupa disaring untuk kemudian diminum.

  • Rambut rontok

Sedangkan dalam mengatasi rambut rontok anda hars mencampur dengan daun randu yang kemudian dihaluskan dengan ditambah 2 sendok jarak dan peras lalu gosokkan kepada kulit kepala anda sampai merata. Usahakan melakuka ini setelah mandi sore dan bungkus dengan kain. Baru kemudian keesokan harinya anda bilas. Rutin anda lakukan paling tidak seminggu 3 kali.

  • Penyubur rambut

Untuk mengunakan daun waru lengis sebaga obat penyubur rambut maka anda bisa melakukan dengan cara mencuci 15 lembar daun waru yang masih muda kemudian cukup meremasnya ke dalam sebuah air. Sarung dan embunkan dalam jangka waktu semalam. Baru keesokan harinya anda bisa mengunakannya untuk dioleskan pada rambut kepala anda sambil dipijat. Lakukan dengan rutin hingga mendapatkan efek positif.

Begitulah khasiat dan juga cara dalam menggunakan waru lengis sebagai bahan herbal dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Anda harus bisa membedakan dann yang masih muda dengan yang sudah tua. Kalau anda kesulitan dalam menemukan daun ini, anda bisa mencarinya dengan mudah di daerah pedesaan atau perkampungan.

Sebab pohon walu lengis ini memang sangat jarang ditemukan, apalagi di daerah perkotaan yang pohon saja sangat sulit untuk ditemukan. Guna mendapatkan hasil yang maksimal anda harus mengikuti prosedur untuk tiap penyakit yang akan anda sembuhkan. Sesuai dengan apa yang telah disampaikan tadi bahwa memang tiap penyakit punya resep berbeda.

Baca Juga : 

 

Mungkin Anda Menyukai