Daun Kelor Tanaman Indonesia Yang Menyehatkan

Daun Kelor atau sering juga disebut sebagai manunggal merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae yang memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai dengan 11 meter. Jika kita perhatikan dengan seksama dalam satu tangkai di tanaman kelor, daun kelor bersusun majemuk dengan bentuk bulat telur berukuran kecil kecil.

Daun kelor sendiri merupakan perumpamaan yang sering digunakan oleh orang Indonesia dalam peribahasa yang digunakan. “Dunia tidak selebar daun kelor” yang mengartikan bahwa dunia sebenarnya sempit seperti daun kelor. Daun kelor sendiri merupakan sayuran asli Indonesia yang sudah sangat terkenal akan manfaatnya yang luar biasa.

Tak jarang Daun Kelor disebut sebagai “Miracle Tree” karena menyimpan manfaat yang luar biasa. Memang karena manfaat dan kandungan senyawa kimia yang menajubkan dari Daun Kelor menyebabkan daun kelor menjadi salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai obat herbal yang cukup terkenal.

Ada berbagai macam penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan keajaiban dari Daun Kelor. Kandungan senyawa kimia yang luar biasa memang membuat Daun kelor menjadi obat yang ampuh bagi banyak orang. Penyakit yang biasanya disembuhkan yakni

  1. Mengatasi diabetes
    Daun Kelor seternyata memiliki manfaat sebagai obat diabetes yang cukup ampuh untuk diabetes. Sebenarnya diabetes sendiri adalah penyakit  dimana kita tidak mampu memproduksi hormone insulin dengan baik. Nah Daun kelor ini ternyata dapat dijadikan sebagai hormone insulin alami untuk diabetes.
  2. Mencegah penyakit kanker
    Manfaat yang lain dari daun kelor adalah dapat mencegah penyakit berbahaya yakni kanker. Daun Kelor ternyata memiliki kandungan senyawa potassium yang tinggi. Potassium sendiri akan membantu untuk memperlambat atau bahkan dapat menghentikan dan menghilangkan sel kanker di dalam tubuh
  3. Mengobati Rematik
    Ternyata bagi orang orang tua Indonesia, Daun kelor merupakan obat dari penyakit rematik yang ampuh. Senyawa antirematik memang banyak terkandung di dalam daun kelor. Selain itu nenek moyang kita juga sering menggunakan daun kelor sebagai obat untuk mengobati pegal pegal pada persendian sehabis bekerja yang memang ternyata cukup ampuh

Mengkonsumsi daun kelor ternyata sangatlah ampuh untuk mencega beberapa penyakit dan bahkan dapat mengobati beberapa penyakit ganas. Selain itu setelah diteliti ternyata daun kelor juga banyak memberikan nilai gizi kepada tubuh dibandingkan beberapa makanan lainnya.

Seperti misalnya daun Kelor ternyata memiliki kandungan Vitamin A lebih tinggi dari wortel yang tentunya sehat untuk mata kita, memiliki protein yang lebih banyak dari susu, memiliki kandungan Vitamin C yang lebih banyak dari jeruk dan masih banyak lagi.

Dengan begitu Daun kelor menjadi salah satu tanaman dengan gizi  yang terbaik yang menjadikan tanaman yang satu ini layak untuk dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga :

Mungkin Anda Menyukai