Daun Pepaya

Tidak ada komentar 33 views
Daun Pepaya,5 / 5 ( 1voting )

Daun Pepaya

Daun Pepaya
Pepaya yang seperti kita ketahui merupakan tanaman buah yang sering buahnya kita konsumsi, namun di masyarakat yang bisa di konsumsi dari pohon pepaya tidak hanya buahnya saja, namun daun muda pepaya sering kita konsumsi untuk kebutuhan sayur mayur kita. Tapi ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai daun pepaya ternyata mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh kita juga.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan beberapa nutrizi lain yang terakandung di dalamnya. daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Berikut beberapa manfaat dari daun pepaya :
1. Anti Kanker
Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.
2. Menjaga imunitas tubuh
Manfaat lain yang menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.
3. Anti Malaria
Daun Pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.
4. Mencegah demam Berdarah
Jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit.
5. Membantu Pencernaan
Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan, menurut buku “The Complete Herbal Panduan: A Natural Approach to Healing the Body.” Rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan.
6. Mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat :
. Ambil daun pepaya muda
. Keringkan daun tersebut.
. Blender dengan air secukupnya untuk dibuat seperti pasta.
. Ambil pasta yang telah jadi dan gunakan sebagai maskter.
. Biarkan kering dalam 10-30 menit,
. Cuci dan bilas bersih.
7. Mengurangi nyeri haid
Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.