Daun Saga Rambat, Tanaman Liar Berkhasiat Tinggi

Daun saga rambat merupakan salah satu tanaman liar yang mungkin cukup sering kita temi sehari hari. Kita biasanya menemukan tanaman yang satu ini tumbuh secara liar di pinggir pinggir jalan dan juga di pekarangan rumah.

Daun saga rambat memiliki nama latin yakni (Abrus pecatoruis). Daun saga sendiri biasanya ditemukan denga daun majemuk yang khas dan juga memiliki rasa yang manis. Biasanya bagi beberapa orang daun saga rambat yang tumbuh liar di pekarangan sering dianggap menggagu sehingga sering dipotong habis karena dianggap sebagai gulma yang merusak tanaman lain.

Padahal ternyata daun saga rambat memiliki kandungan senyawa yang ternyata bisa memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Karena mudah untuk ditemukan dan tumbuh secara liar sebenarnya dau saga rambat ini bisa menjadi pengobati alternative yang menarik di dunia tanaman herbal.

Bahkan juga ada yang mempercayai bahwa bukan hanya bagian daun saja yang memiliki manfaat yang tinggi namun ternyata akar dari daun saga rambat juga memiliki kandungan senyawa baik yang tak kalah dari bagian daunnya.

Banyak yang sudah meneliti tanaman daun saga rambat dan ternyata menemukan berbagai kandungan senyawa yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang serng menyerang tubuh kita. Penyakit penyakit itu yakni

  1. Obat ampuh untuk sariawan dan menjaga kesehatan mulut
    Terserang penyakit sariawan merupakan hal yang sangat menyebalkan. Sariawan memang bisa membuat kita menjadi tidak enak untuk makan, dan juga berbicara. Karena itu tentunya menjaga kesehatan mulut merupakan hal yang penting di kehidupan kita. Ternyata kita bisa menjaga kesehatanmulut dengan memanfaatkan daun saga rambat. Kandungan Vitamin Cnya dipercaya sebagai obat ampuh untuk masalah sariawan
  2. Mengobati penyakit amandel
    Ternyata beberapa orang juga menjadikan daun saga rambat ini sebagai obat untuk mengobati amandel yang cukup ampuh. Kandungan senyawa di dalam daun saga rambat ternyata telah dipercaya oleh nenek moyang kita menjadi obat untuk amandel yang aman.
  3. Obat untuk Bronchitis
    Saga Rambat juga sudah dijadikan obat yang ampuh untuk bronchitis oleh nenek moyang kita. Memang kandungan senyawa di dalam daun saga rambat sudah diteliti dan berhasil dibuktikan menjadi obat alternative untuk penyakit bronchitis pada tubuh manusia

Ternyata sebenarnya daun saga rambat sudah dipercaya oleh orang orang dahulu sebagai obat yang ampuh untuk mengobati beberapa penyakit. Lebih hebatnya lagi ternyata hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa peneliti yang sudah berhasil meneliti kandungan di dalam daun saga rambat. Daun saga rambat ternyata dipercaya memiliki kandungan protein, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B6, kalsium oksalat, pentosan yang merupakan senyawa yang memang baik untuk kesehatan.

Baca Juga :