Hidup Sehat Bersama Tanaman Turi

Pohon turi atau tanaman turi sering juga disebut dengan gala gala merupakan tanaman hias yang sering kali masih dijadikan sebagai tanaman pagar oleh banyak orang. Sebenarnya tanaman turi ini ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari setiap bagian tumbuhan tersebut. Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat ternyata tanaman turi juga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menahan tanah dari erosi. Tanaman yang sering tumbuh sebagai di dataran rendah sering tumbuh di lahan yang tandus dengan tanpa harus melakukan pemeliharaan yang intensif. Tumbuhan ini juga sering kita temu di daerah pedesaan. Kandungan beberapa mineral seperti kalium, fosfor, zat besi, dan kalsium serta kandungan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, Vitamin C tentunya menjadikan tanaman turi memliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

pohon turi

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari tanaman turi yang bisa dipakai untuk pengobatan penyakit penyakit tertentu yang sering mengidap manusia. Lebih jelasnya akan kita berikan di bawah sebagai berikut :

  1. Bunga turi
    Bunga turi ternyata mengandung vitamin B yang cukup dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin B ini sangat berguna untuk mengobati pegal pegal yang sering melanda tubuh kita. Tentunya manfaat yang satu ini sangat berguna bagi anda.
  2. Daun Turi
    Tahukah anda ternyata daun turi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Daun turi memiliki sifat tonik dan juga antipretik. Jika anda mengkonsumsi olahan dari daun turi maka ada beberapa penyakit yang akan terobati yakni, perut kembung, perut kejang, diare, dan kolera. Selain itu jika ada luka luar di tubuh anda bisa menggunakan tumbukan dari daun turi untuk mempercepat pengobatan luka tadi.
  3. Cairan Daun dan Batang
    Tanaman turi biasanya jika anda perhatikan memiliki cairan yang ternyata bisa anda gunakan sebagai pengobatan penyakit yang mengenai mulut kita seperti bau mulut, sariawan dan lain lain. Kandungan anti bakteri yang terkandung memang membuat mulut kita menjadi lebih sehat

Tentunya dengan banyak manfaat dari tanaman turi alangkah lebih baik jika anda bisa mepelajari hal tersebut. Ternyata kandungan dari tanaman turi yang kaya akan mineral dan vitamin memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu untuk masalah pengolahan dari tanaman turi ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Untuk daun dan bunga anda bisa menumbuknya kemudian mencampurkannya atau merebusnya dengan air matang. Kemudian sarinya bisa anda minum setelah menambahkan gula atau meadu mungkin. Untuk cairan daun atau batang tadi anda bisa mengambilnya kemudian mengencerkannya dengan aitr biasa dan anda kumur secara rutin maka manfaat dari tanaman turi bisa anda gunakan.

Baca Juga :