Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu Biji

Jenis Tanaman buah yang berasal dari Mexico dan Amerika selatan bagian utara, tanaman ini sangat terkenal di Indonesia. Tanaman ini juga merupakan tanaman super karena mempunyai manfaat yang besar terhadap kesehatan manusia.

ada beberapa manfaat yang terdapat dalam tanaman ini, baik untuk buah dan daun mempunyai manfaat bagi kesehatan. berikut kita akan melihat beberapa manfaat dari jambu biji, antara lain :

Manfaat Daun Jambu Biji.
1. Mengobati Diare
daun jambu biji banyak digunakan untuk mengobati diare karena mempunyai senyawa anti-bakterinya yang sangat kuat, dan dapat menghambat perkembangan bakteri.
2. Mencegah Diabetes
Daun jambu biji secara efektif dapat menurunkanglukosa darah pada pasien diabetes. Selain itu daun jambu biji membantu menurunkan kadar gula darah.
3. Mengobati Bronkitis.
Daun jambu membantu mengobati bronkitis dengan membuka paru-paru, mengendurkan lendir dan menenangkan batuk.
4. Mengobati Demam Berarah
Daun jambu biji digunakan sebagai obat alami untuk mengobati demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah platelet dalam darah.

Manfaat Buah Jambu Biji
1. Mengurangi Hipertensi
Manfaat jambu mencegah dari penebalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.
2. Menyehatkan Tiroid
Jambu merupakan sumber yang baik sebagai sumber zat tembaga, yang merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, yang membantu untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ tubuh, sehingga jambu biji ini dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.
3. Manfaat Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit
Tidak hanya naik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun jambu biji kaya akan zat astringents yang menghindari masalah kulit. Buah jambu biji yang telah masak, memiliki kandungan zat astringents lebih banyak, termasuk pada daunnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukuo dengan memakan buahnya secara langsung atau dengan merebus buah dan daunnya terlebih dahulu.
Jambu biji akan mengencangkan daerah kulit yang kendur. Selain astringents, jambu biji sangat kaya vitamin-A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik untuk detiksifikasi. Menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan gangguan kulit lainnya.
4. Mengobati Sembelit
Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. bagian bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar. Kedua, sifat jambu biji tersebut, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan benar-benar membersihkan usus.

Itulah beberapa manfaat yang anda dapat dari memanfaatkan Jambu biji.

Mungkin Anda Menyukai