Kandungan dan Manfaat Mengkudu Dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Mengkudu merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijumpai di daerah dataran rendah. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 1500 meter. Pohon ini bisa dijumpai di banyak daerah di Indonesia seperti Aceh, Sunda, Bali, Madura, dan Jawa serta di beberapa negara seperti Myanmar, Hawaii, Tahiti, Hindi, dan Tonga.

Tanaman mengkudu ini pada beberapa daerah dipercaya sebagai tanaman yang berkhasiat tinggi sehingga keberadaannya banyak dimanfaatkan. Namun di beberapa daerah lain, tanaman ini justru dianggap sebagai tanaman liar yang tidak banyak dimanfaatkan.

Tanaman yang mempunyai pohon dengan ketinggian mencapai 6 meter dengan buah berwarna putih ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan juga bahan obat-obatan tradisional. Mengkudu banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Ciri-ciri tumbuhan ini diantaranya memiliki pohon yang tidak besar dan bisa tumbuh hingga 6 meter. Dahan tumbuhan mengkudu cenderung bengkok dan kaku. Selain itu tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan juga tebal, bentuknya lonjong-lanset. Buahnya berbentuk lonjong dengan warna putih kekuningan dan berbintik.

Buah mengkudu mengandung nutrisi yang lengkap seperti vitamin, protein dan berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Selain itu juga mengandung zat anti kanker, terpenoid, anti bakteri, dan masih banyak zat lainnya. Melihat kandungannya maka bisa dikatakan bahwa buah mengkudu berkhasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya:

  1. Mencegah penyakit kanker
    Dengan adanya kandungan senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone dapat mencegah rusaknya DNA yang mana dapat menimbulkan pertumbuhan sel kanker. Maka dengan adanya senyawa tersebut bisa menghambat pertumbuhannya.
  2. Mengobati penyakit kulit akibat jamur
    Kandungan senyawa terpene yang ada pada buah mengkudu mampu melindungi kulit dari jamur dan juga parasite sehingga kulit tetap sehat.
  3. Mengobati diare
    Zat anti bakteri yang ada pada buah mengkudu mampu digunakan sebagai obat anti diare dengan membunuh penyebabnya yakni bakteri e colli.
  4. Mengobati demam
    Buah mengkudu juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit ringan seperti demam. Cukup dengan meminum air rebusannya setiap hari maka demam akan turun.
  5. Menurunkan kolesterol
    Dalam buah mengkudu yang mengandung zat xeronine dan juga proxeronine telah diteliti oleh peneliti dari Pakistan yang mana dapat mengobati kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya dengan meminum air rebusannya secara teratur.

Buah mengkudu ini tidak hanya bisa mengobati 5 penyakit diatas namun ratusan jenis penyakit. Kandungan nutrisinya yang lengkap mampu digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit. Terlebih dengan banyaknya zat kimia yang dikandungnya juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit secara tradisional.

Buah mengkudu bisa dijadikan salah satu solusi pengobatan tradisional untuk banyak penyakit dengan cara konsumsi yang berbeda-beda.

Baca Juga : 

 

Mungkin Anda Menyukai