Kegunaan Tanaman Beluntas

Tanaman Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, dan perbanyakannya dapat dilakukan dengan setek batang pada batang yang cukup tua. Nama daerah: beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phatpai (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris). Nama simplisia beluntas adalah Plucheacea folium (daun), Plucheacea radix (akar).

Ciri-ciri Tanaman :
Daun bertangkai pendek, letaknya berselang-seling, berbentuk bulat telur sunsang, ujung bundar melancip. Tepi daun bergerigi, berwarna hijau terang, bunga keluar di ujung cabang dan ketiak daun, berbentuk bunga bonggol, bergagang atau duduk, dan berwarna ungu. Buahnya longkah agak berbentuk gasing, berwarna cokelat dengan bersudut putih[5].

Kandungan Kimia Tanaman Beluntas :
Tanaman beluntas pada bagian daunnya mengandung alkaloid, pluchine, asam kafeoilkuinat, saponin, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akar tanaman beluntas mengandung flafonoida dan tannin.

Manfaat :

  • Ramuan Daun Beluntas Untuk Penurun Panas dan Demam
    Caranya: Ambil daun beluntas sebanyak 10 lembar saja. Cuci daun hingga bersih. Seduh lah daun beluntas tersebut menggunakan segelas air panas. diamkan sejenak lalu pisahkan antara ampas daun dengan airnya. Minum airnya selagi masih panas sekali dalam sehari sampai panas mereda.
  • Obat Nyeri Haid dan Sakit Perut
    Caranya: Ambil 8 lembar daun beluntas bersihkan lalu remas hingga hancur. Memarkan 2 ruas jari kunyit yang masih segar. Seduh kedua bahan tersebut menggunakan air panas kurang lebih 1 gelas. Tambahkan sedikit asam dan garam kemudian disaring. Minum lah 2 kali dalam satu hari sampai rasa nyeri atau sakit perut hilang.
  • Daun Beluntas Untuk Mengatasi Keputihan
    Caranya: Siapkan daun beluntas muda secukupnya. Rebus gula aren dan asam jawa secukupnya dengan di beri 3 lembar daun sirih. Ambil daun beluntas yang masih muda sebanyak 1 genggam lalu ditumbuk,terus diperas, dan diambil airnya sebanyak 2 sendok teh manis. siapkan air dari perasan kunir yang telah diparut sebelumnya sebanyak 1 sendok teh manis. Campur semua bahan aduk sampai rata lalu minum di pagi hari satu kali sehari.
  • Untuk Malaria Caranya: Ambil daun beluntas sebanyak 15 lembar, daun sirih sebanyak 3 lembar, daun sembung sebanyak 5 lembar, dan daun asam muda sebanyak 1 genggam. Rebus sampai mendidih semua bahan tersebut dengan ditambahkan air sebanyak 1 liter hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan ramuan daun beluntas tersebut 3 kali dalam sehari.
  • Daun Beluntas Untuk Menghilangkan Bau Badan dan Pengharum Nafas
    Caranya sangat mudah yaitu makan mentah mentah secara rutin daun beluntas yang telah di haluskan.
  • Meringankan Asma Dan Gangguan Paru-Paru
    Cara pemakaian adalah dengan merebus daun beluntas secukupnya kemudian meminum air dari hasil rebusan daun beluntas secara rutin sampai sembuh.
  • Daun Beluntas Bermanfaat Menguatkan Saraf Cara pemakaiannya adalah dengan pemakaian luar yaitu sebagai aromaterapi dan berendam. Ambil daun beluntas secukupnya dan gunakan daun beluntas sebagai aromaterapi dan stimulan saat mandi atau berendam menggunakan air hangat.
  • Daun Beluntas Untuk Menurunkan Tekanan Darah / HipertensiCaranya dengan merebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, minum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.
  • Batang dan Daun Beluntas Untuk Meringankan Sakit TBC
    Caranya : Ambil batang dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih, tambahkan rumput laut. Masak dengan cara tim sampai lunak, jadikan hidangan untuk dimakan.

Baca Juga Artikel Tentang :