Keuntungan Mengkonsumsi Jeruk Nipis

 

Jeruk Nipis merupakan varietas jeruk kecil. biasanya digunakan untuk penambah rasa asam pada makanan, menetralisir bau amis pada makanan. tetapi tidak hanya itu saja keuntungan yang kita peroleh mengkonsumsi jeruk nipis.

Ciri Umum Tanaman Jeruk Nipis :

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di Indonesiadapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

Ciri-ciri Buah Jeruk Nipis  :

  • memiliki bentuk bulat atau lonjong,
  • agar runcing di bagian pucuk buah,
  • berwrna hijau dan juga kekuningan,
  • memiliki kulit agak tebal dan sulit di buka langsung,
  • memiliki daging tebal dan tidak serabut bagian dalam,
  • bijinya berbentuk bulat oval;
  • memiliki rasa asam atau tidak manis.

Kandungan zat-zat yang terdapat pada jeruk nipis :

  1. Macronutrients, Serat dan Kalori
    1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk nipis memiliki jumlah sejumlah lemak yang bebas kolesterol
  2. Nilai Micronutrient
    Jeruk nipis kaya akan vitamin C. 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 73 miligram, yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Jeruk nipis mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.
  3. Flavonoid
    Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat.
  4. Kandungan Asam sitrat
    Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.
  5. Kandungan Mineral
    Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Keuntungan mengkonsumsi Jeruk Nipis :
1. Membantu proses pencernaan makanan.
2. Meningkatkan daya imunitas
3. Menyeimbangkan Ph dalam tubuh
4. Mencegah kanker
5. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi
6. Mengobati asam urat
7. Menurunkan koleseterol
8. Menyehatkan ginjal
9. Membantu menurunkan berat badan, bagi yang menjalani program diet
10. Meredakan radang tenggorokan
11. Memutihkan gigi
12. Menghilangkan bau badan

 

Baca Juga Artikel Tentang :