Khasiat Ampuh Dari Tanaman Sereh

Sereh merupakan jenis tanaman obat yang berasal dari keluarga rumput. Sereh merupakan jenis rumput tinggi yang berasal dari daerah tropis di Asia. Sereh ini memiliki batang yang kasar, berombak dengan daun di tengahnya yang tumbuh pada tandan tebal. Tanaman sereh tumbuh dengan tandan tinggi dan tingginya sekitar 3 meter.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai penambah rasa masakan, sereh juga memiliki berbagai jenis manfaat obat yang memiliki sifat anti bakteri dan juga anti mikroba serta di manfaatkan di banyak negara Asia Tenggara, Benua Amerika dan Benua Afrika. Sereh merupakan gudang nutrisi aromatic penting yang bisa memberikan berbagai macam manfaat kesehatan.

Adapun berbagai macam manfaat yang di berikan oleh tanaman sereh ini antara lain :

  • Anti Kanker
    Sebuah riset membuktikan bahwa sereh memiliki kandungan citral, dan salah satu zat anti-kanker yang mampu membunuh sel kanker. Akan tetapi tetap mempertahankan sel ataupun jaringan sehat di dalam tubuh kita. Akan tetapi, ini bukan berarti bahwa dengan minuman air rebusan atau the sendiri akan mampu menyembuhkan kanker secara tuntas, hanya dapat membantu sementara.
  • Diabetes
    Hasil dari the serai mampu membantu untuk membersihkan pancreas dan juga meningkatkan fungsinya, sehingga dapat menurunkan naiknya gula darah bagi penderita diabetes.
  • Anemia
    Zat besi yang ada pada daun serai juga penting untuk hemoglobin atau protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sereh juga mampu membantu untuk berbagai macam jenis anemia, khususnya yang di akibatkan oleh kurangnya zat besi.
  • Membersihkan Bakteri
    Karena adanya kandungan sifat antiseptic dari minum the sereh maka dapat membantu untuk menghilangkan mikro organisme yang jahat pada tubuh dan secara cepat dapat membersihkan darah dan dapat menghilangkan bakteri, ragi dan jamur.
  • Anti Septik
    Karena adanya sifat anti inflamasi dan anti septik pada jus sereh maka bisa di gunakan untuk herbal dan penting untuk memgobari asam urat dan juga radang saluran pada kemih.

Walaupun terbilang cukup aman, akan tetapi untuk penggunaan the herbal sereh yang di buat dari tanaman sereh mampu menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Apabila terjadi gejala alergi, maka di sarankan untuk segera menghentikan penggunaan dan juga mencari bantuan medis segera.

Adapun khasiat dari minyak sereh yang murni tak juga harus di terapkan secara langsung pada tubuh, sebab dapat menyebabkan reaksi yang dapat membahayakan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari minyak sereh dari jangkauan anak-anak, dan juga di sarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu sebelum menggunakan minyak sereh untuk terapi pada kondisi khusus, seperti ketika sedang hamil, karena jika sembarang pakai akan berbahaya pada janin.

Baca Juga :