Khasiat dan Manfaat Daun Adan Hawa

Adan Hawa, manfaat daun adam hawa bagi kesehatan mungkin tidak sepopuler dengan daun lainnya seperti daun keji beling hingga manfaat daun kelor. Namun anda juga mengetahui, bahwasannya khasiat daun adan hawa juga sering sekali digunakan sebagai media pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat dan Manfaat Daun Adan Hawa

Tumbuhan adam hawa merupakan klasifikasi dari kerajaan plantae, dan memiliki nama latin Rheo discolor dan ada yang menyebutnya juga rheo spathaceae. Tanaman yang masih termasuk anggota famili commelinaceae ini merupakan tumbuhan asli Meksiko bagian selatan, Amereka tengah dan Karibia.

Tumbuhan ini tergolong dalam tumbuhan parennial atau tumbuhan tahunan. Tumbuhan inipun umumnya berkembang biak dengan biji maupun stek batang. Perkembangbiakannyapun tergolong sangat mudah dan kemungkinan untuk tumbuhnya sangat tinggi. Pada media tanam yang minum akan unsur hara sekalipun, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik serta tidak membutuhkan perawatan yang terlalu intensif.

Di Indoneisa sendiri, tanaman ini sering kali di sebut dengan tanaman nanas kerang, sosonkokan dan banyak lagi lainnya. Sedangkan, di beberapa negara nama lain tanaman adam hawa adalah oyster plant, purple-leaved soiderwort, bangka-bangkaan(Smerika,Inggris), daun kepah(Fillipina), kuku jin(malaysia), banglanhua(China), barquila(Meksiko).

Meski secara sepintas tanaman ini hampir mirip dengan tanaman lidah mertua, namun tentunya tanaman ini memiliki ciri-ciri khusus yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Batang: Kasar dan tidak bercabang, mengandung banyak air, tidak berbulu dan berwarna coklat. Pada umumnya bisa mencapai ketinggian hingga 50 cm. Jarak antara ruas batang sangatlah pendek.
  • Daun: Tunggal dan memeluk batang. Panjang daun bisa mencapai 30 cm, dengan lebar 3-6 cm. Bentuk lonjong panjang berujung runcing. Pinggiran daun merata. Permukaan atas daun berwarna hijau, sedang permukaan bawah daun berwarna merah keunguan.
  • Bunga: Majemuk, daun pelindung bunganya menyerupai kapal atau kerang, panjang 3-4 cm berwarna ungu. Bunga kecil berwarna putih. Tangkai bunga pendek dan muncul di ketiak daun. Petal atau daun bunga 3, daun kelopak 3, dan terdapat 6 benang sari di dalamnya. Kepala putik berwarna kuning.
  • Buah: Berbentuk kapsul dengan 2-3 ruang.
  • Biji: Biji berkerut. Dan satu buah mengandung 2-3 biji.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun adam hawa bagi kesehatan serta cara pengolahannya:

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati batuk berdarah, bronkitis, disentri, dan anemia (kurang darah)

  • Bahan : 20-30 lembar daun adam hawa dan air 500 cc.
  • Cara pengolahan: Rebus daun adam hawa dengan air 500 cc, biarkan hingga mendidih dan menguap. Setelah itu, anda dapat meminumnya selagi hangat.

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati bengkak, luka, dan menghentikan pendarahan

  • Bahan: daun adam hawa secukupnya
  • Cara pengolahan: Tumbuk daun adam hawa hingga halus dan balurkan pada bagian kulit yang terluka.

Manfaat daun adam hawa untuk mengobati rematik

  • Bahan: Beberapa lembar daun adam hawa segar
  • Cara pengolahan: Layukan daun adam hawa ini dengan cara di bakar pada api hingga lembut dan lemas. Tempelkan pada area yang sakit selagi hangat. Kemudian balutkan dengan menggunakan kain sebagai penahan agar tidak mudah lepas.

Baca Juga: