Khasiat Tanaman Murbei Dalam Kesehatan

Tanaman murbei adalah tumbuhan pegunungan yang sangat menyukai tempat tempat basah. Tanaman yang berasal dari China ini asalkan tumbuh di tempat lembab dengan cahaya yang banyak, bisa tumbuh dengan baik. Banyak ditemukan di daerah lereng gunung, meskipun sekarang sudah dibudidayakan akibat perkembangan sumber daya manusianya yang bermanfaat. Pohon ini punya tinggi 9 meter dengan cabang dan daun yang lebat.

Berdasarkan apa yang telah dilakukan daun dari tanaman ini dikembangkan sebagai pakan ulah sutera. Bahkan di negara Afrika atau Asia Timur, murbei memang dijadikan sebagai pakan hewan ternak. Tetapi berdasarkan pengalaman banyak orang bahwa tentara manusia juga bisa mengembangkan menjadi tanaman konsumsi sendiri. Sebab hal ini di dasarkan pada manfaat yang terkandung dalam daun murbei yang ternyata bisa berdampak positif terhadap kesehatan. Karena buktinya memang dapat berpengaruh terhadap stamina atau tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh daun murbei apabila dikonsumsi diantaranya berikut ini. Yang diambil dari menghimpun berbagai nara sumber yang terpercaya.

  • Kandungan galic acida ternyata memberikan penurunan terhadap kadar glukosa di dalam darah. Jadi daun dari murbei ini bisa mencegah terjadinya penambahan glukosa darah. Apabila mengkonsumsi teh dari daun murbei secara rutin bisa menghindari dari penyakit diabetes.
  • Daun murbei ini bisa menjadi asupan yang mengatasi tingginya kolesterol dalam tubuh.
  • Persaingan juga bisa tercegah apabila rutin mengkonsumsi daun tanaman murbei. Karena memang terdapat anti inflamasi yang ada pada daun murbei.
  • Tidak hanya kolesterol ternyata, kandungan reveratrol ini bekerja untuk melancarkan sirkulasi darah. Sehingga proses dari metabolisme tubuh menjadi optimal dan seluruh sel bisa berfungsi dengan baik.
  • Bisa juga dijadikan sebagai obat herbal pencegah kanker. Sebuah riset mengatakan bahwa kandungan Antosianin, quercetin, polifenol, kaemferol dan methanolicacid dalam daun murbei mampu menghadang kerusakan yang terjadi dalam darah. Di mana merupakan penyebab terjadinya kanker.
  • Potasium dalam tumbuhan murbei juga sangat tinggi. Hal ini sangat bagus dan efektif untuk menormalkan kembali tekanan darah pada kondisi semula.
  • Peningkatan daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengunakan daun tanaman murbei. Sebab dalam daun murbei ini terdapat zat besi dan anti oksidan yang membersihkan berbagai hal dalam tubuh yang memungkinkan didatangi oleh bakteri dan virus.
  • Selain itu sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan mengunakan daun murbei. Mengatasi anemia, maksimalkan kinerja ginjal, atau membantu kesehatan mata.

Itu semua dapat anda lakukan dan juga dapatkan dengan mengunakan tanaman murbei. Kalau anda bingung bagaimana cara mengolahnya. Biasanya banyak yang mengunakan dengan cara diseduh. Seperti pembuatan teh pada umumnya. Tanaman ini oleh negeri asalnya memang dijadikan sebagai bahan dalam membuat obat herbal.

Baca Juga :