Khasiat Tanaman Pala Untuk Pengobatan Tradisional

Pala merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sudah sejak Jaman Romawi tanaman pala dieksplor dan menjadi salah satu komoditi dagang yang cukup penting. Dalam bahasa latin, pala disebut dengan Mirystica Fragrans, berasal dari Maluku dan kepulauan Banda.

Pala merupakan tumbuhan berumah dua yang memiliki dua jenis pohon yakni pohon jantan dan pohon betina. Daun pala berbentuk elips dan tumbuhan ini memiliki buah lonjong seperti lemon, hanya saja ukurannya lebih kecil dan berwarna kuning.

Sementara itu pada setiap buah pala akan mengandung biji berwarna coklat. Tanaman ini di panen biji, fuli (salut bijinya), serta daging buahnya. Biji pala mengandung minyak atsiri sekitar 7% hingga 14%. Minyak atsiri ini sangat dibutuhkan dalam berbagai pengobatan.

Selain itu pala juga mengandung nutrisi lain yang juga berguna untuk tubuh. Oleh sebab itu tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, pala juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional.

Buah pala mengandung banyak nutrisi penting diantaranya protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, energi, vitamin (A, C, B1), dan masih banyak lainnya. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit diantaranya:

  1. Melancarkan peredaran darah
    Kaliun yang merupakan salah satu zat yang terkandung dalam buah pala mampu meregangkan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh lancar. Dengan demikian oksogen juga mengalir dengan mudah ke seluruh tubuh.
  2. Menghindari tulang keropos
    Kandungan kalium juga bisa digunakan untuk mencegah pengeroposan tulang.Selain itu kalsium juga bisa menjaga pertumbuhan tulang dan memperbaiki syaraf yang ada pada tulang.
  3. Meningkatkan imunitas tubuh
    Dengan adanya kandungan vitamin C, pala bisa menyebabkan imunitas tubuh meningkat. Dengan demikian tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  4. Mengobati diabetes
    Pala ternyata juga mengandung suatu senyawa kimia yakni macelignan yang berguna dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa tersebut merupakan salah satu bahan pembuatan dalam obat anti diabetes.
  5. Mencegah Leukimia
    Senyawa kimia dalam tumbuhan pala salah satunya adalah methanol. Senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yakni pada penderita leukemia. Namun kandungan buah pala yang satu ini belum banyak diketahui sehingga belum banyak digunakan sebagai obat anti kanker.

Diatas merupakan beberapa contoh penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan buah pala. Kandungan buah pala sangatlah beragam dan diatas hanya sedikit manfaat dari beberapa kandungan buah pala.

Tentunya masih banyak manfaat lain dari buah pala yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit berat. Pala yang biasanya hanya digunakan orang untuk bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat. Pala bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Baca Juga :