Khasiat Tanaman Tanduk Rusa

Tidak ada komentar 740 views

Tanaman Tanduk Rusa yang memiliki nama latin Paltycerium bifurcatum merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis paku pakuan yang memiliki bentuk yang unik dan juga menarik. Memang tak heran kerna bentuknya yang unik tanaman Tanduk Rusa sering ditemukan dan dipelihara oleh banyak orang di halaman atau pekarangan mereka sebagai tanaman hias karena memang memiliki pesona dari daunnya yang terjuntai dengan indah. Sesuai dengan nama yang disematkan padanya tanaman Tanduk Rusa memang sekilat mirip dengan tanduk hewan rusa. Orang orang di daerah jawa biasa menyebut tanaman Tanduk Rusa ini juga dengan sebutan simbar menjangan. Pada dasarnya tanaman Tanduk Rusa sendiri merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pook penumpu berupa akar dan rimpang batang berbentunk bunga kol berwarna coklat dan memiliki juntaian daun berwarna hijau. Ternyata tanaman Tanduk Rusa ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita.

tanaman tanduk rusa

Ada beberapa manfaat dari tanaman Tanduk Rusa yang bisa digunakan sebagai obat tradisional baik sebagai obat luar dan obat dalam

  1. Mengobati masalah bisul
    Penyakit bisul akibat dari adanya peradangan di kulit memang sering kali mengganggu kita. Namun dengan menggunakan tanaman Tanduk Rusa kita bisa mengobati masalah bisul pada kulit anda. Caranya dengan tinggal memanfaatkan daun dari tanaman Tanduk Rusa untuk mengompres bisul yang ada pada kulit kita maka niscaya bisul tersebut akan mengempes dengan cepat.
  2. Mengobati Radang Rahim luar
    Tanaman Tanduk Rusa memang dikenal sebagai obat tradisional yang sering kali digunakan sebagai obat antiradang. Tentunya tanaman Tanduk Rusa bisa anda gunakan sebagai obat untuk radang Rahim luar.
  3. Obat untuk Demam Tinggi
    Tanaman Tanduk Rusa memiliki kandunga senyawa memiliki kandungan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh kita seperti kandunga flavonoid, polipenol, dan sapovoin sehingga sering dibuat sebagai racikan dalam obat herbal dan obat tradisional. Tanaman Tanduk rusa ternyata juga bisa anda gunakan sebagai tanaman untuk mengobati demam yang tinggi. Caranya juga mudah tinggal anda seduh daun dari Tanduk Rusa dan kemudian minum ramuan tersebut secara rutin hingga demam turun

Sebenarnya masih ada lagi manfaat dari Tanaman Tanduk Rusa yang bermanfaat bagi kehidupan kita sehari hari. Tanaman Simbar Menjangan atau Tanduk Rusa juga acap kali sering digunakan digunakan sebagai obat herbal untuk menyuburkan kandungan para wanita. Sebenarnya tanaman tanduk rusa juga sering diracik dengan tanaman obat yang lain dan sering digunakan sebagai obat yang mujarab oleh orang orang tua pada jaman dahulu. Selain itu kandungan senyawa dari tanaman Tanduk Rusa tak jarang diambil dan kemudian menjadi bahan tambahan racikan obat yang sekarang ada saat ini.

Baca Juga :