Khasiat Tanaman Widuri

Khasiat Tanaman Widuri

Khasiat Tanaman Widuri

Khasiat Tanaman Widuri – Widuri (Calotropis gigantean Dryand) merupakan tumbuhan perdu besar dan tegak, berumur menahun, tinggi kurang lebih 2 meter. Widuri atau biasnya juga disebut Biduri merupakan jenis tumbuhan didaerah musim kemarau atau atau lahan kering, seperti padang rumput yang kering, lereng-lereng gunung yang rendah dan pantai berpasir. Sering sekali tanaman ini dianggap sebagai gulma oleh para petani, namun dalam dunia kesehatan tanaman ini sangat berkhasiat bagi kesehatan kita.

Mengobati sakit gigi
Untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang, oleskan getah biduri dengan hati-hati. Terapkan hanya pada gigi berlubang, tidak pada gigi sehat.

Mengobati radang lambung (Gastritis)
Bunga widuri berguna untuk mengobati peradangan pada dinding lambung, atau biasanya disebut gastritis. Caranya, rebus sepertiga genggam bunga widuri bersama 3 gelas air, hingga menyisakan 2 ¼ gelas air saja. Tambahkan madu murni, minum. airnya setelah dingin masing-masing ¾ gelas, tiga kali dalam sehari.

Mengobati bisul
Untuk mempercepat penyembuhan bisul, oleskan getah widuri pada kulit yang timbul bisul.

Mengatasi sariawan
Haluskan daun widuri dengan menumbuknya, peras untuk mendapatkan airnya. Teteskan air ini pada luka akibat sariawan.

Mengobati batuk
Untuk meredakan batuk bandel, seduh 500 mg bubuk yang terbuat dari akar widuri kering ke dalam segelas air panas. Saring dan minum airnya selagi hangat.

Mengobati penyakit campak
Gabag atau campak dapat diobati dengan tanaman widuri. Caranya, sediakan daun widuri segar, daun asam jawa, kunyit , dan pegagan. Semua bahan dalam takaran yang sama yaitu sekitar 15 gram. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air sampai airnya menyusut separuh. Minum dua kali dalam sehari, masing-masing sebanyak ¾ gelas.

Mengobati kudis dan gatal
Daun widuri juga efektif untuk mengobati penyakit kudis. Caranya, segenggam daun widuri dicuci hingga bersih, kemudian panaskan di atas api kecil hingga layu. Tambahkan ¼ sdt kapur sirih, tumbuk keduanya hingga terbentuk pasta kental. Oleskan pasta ini pada area kulit yang bermasalah.

Menghilangkan kutil
Campur getah biduri dengan kapur sirih secukupnya, kemudian terapkan pada kutil. Lakukan perawatan dengan rutin setiap hari, sampai kutil hilang.

Mengobati lepra dan kencing nanah
Rebus bunga biduri kering sebanyak 0,1 gram ke dalam 3 gelas air, hingga ainya berkurang 2 gelas. Minum setelah airnya dingin.

Mungkin Anda Menyukai