Manfaat Akar Alang-alang dan Cara Pengolahannya

Manfaat Akar Alang-alang dan Cara Pengolahannya

Alang-alang, bagi para petani, alang-alang merupakan tanaman pengganggu, alang-alang dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman petani. Apalagi tanaman alang-alang sulit untuk dibasmi.
Tapi selain menjadi gulma ternyata alang-alang mempunyai khasiat yang tidak sedikit. Akar alang-alang jika diolah dengan benar merupakan salah satu obat herbal yang mujarab.

Tanaman alang-alang atau ilalang atau lalang mempunyai nama latin Imperata Cylindrica L. Raeusch. Gulma ini sering ditemui di lahan kososng atau lahan yang tidak digarap. Pengolahan yang cukup mudah dan gampang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Mengatasi sakit ginjal
    caranya adalah : cuci bersih 200 gr akar alang-alang lalu rebus dalam 3 gelas air (600 ml), biarkan mendidih sampai air rebusan menjadi 1 gelas saja. Minum air rebusan ini secara rutin, baiknya dibuat 2 gelas untuk pagi dan sore hari.Telah dilakukan uji klinis dengan meminum akar alang-alang ini, hasilnya 25 dari 30 orang yang meminum air rebusan akar alang-alang sembuh (hanya untuk penderita Nefritis Akut)
  2. Mengobati Panas Dalam
    caranya sangat mudah yaitu : cuci akar alang-alang sampai bersih. Jemur akar alang-alang yang sudah dicuci sampai kering dibawah sinar matahari. Bila telah kering, tumbuh sampai halus akar alang-alang tersebut. seduh bubuk alang-alang tersebut dengan air panas, tambahkan madu secukupnya.Kandungan elektrolit dapat mengobati panas dalam.
  3. Untuk mengobati orang yang sedang mimisan
    ambil alang-alang segar, cuci sampai bersih jangan sampai ada kotoran yang menempel. Tumbuk akar alang-alang tersebut agar mudah untuk memeras air yang ada di dalam akar tersebut. Minum setelah terkumpul hingga 100 ml.

Diatas adalah manfaat sebagian kecil dari akar alang-alang. Untuk pengolahan akar alang-alang hampir sama, direbus atau diperas atau diseduh. yang penting rutin dalam meminum airnya. banyak sekali manfaat yang kita peroleh bila rutin meminumnya. dari mengobati diare, gangguan pencernaan, mengobati kencing berdarah, kencing tidak lancar, dan lain-lain.

Efek samping dari tanaman alang-alang jika berlebihan, akan berasa pusing, mual dan timbul rasa ingin buang air besar. Namun bila diminum sesuai anjuran maka efek samping tersebut tidak terasa.

Baca Juga Artikel Tentang :