Manfaat Bidara Laut

Bidara laut – Tanaman ini merupakan tanaman semak yang memiliki nama latin Strychnos Ligustrina, dengan famili Loganiaceae. Tanaman semak ini mempunyai nama lain buin, dara putih, kayu ular, songga, dsb. Disebut dengan bidara laut dikarenakan habitat tumbuhnya dekat dengan pantai.

Ciri-ciri:

  • Batang pohon yang kecil dan struktur kayunya keras.
  • Pohon bidara laut pada umumnya bengkok, dengan cabang yang menyebar dan rantingnya mempunyai rambut pendek.
  • Daun cenderung oval, tidak bergerigi di pinggirnya.
  • Panjang daun dapat mencapai 29 cm dan lebarnya sekitar 2 cm.
  • Permukaan daun pada sisi atas mengkilap.
  • Bunga muncul dari ketiak daun.
  • Bentuk bunganya ialah payung menggarpu, berwarna kuning dan aromanya cukup harum.
  • Buah bidara laut berbentuk lingkaran dengan garis tengah terbesar 4 cm, warnanya kuning agak kemerahan.
  • Buah ini akan berwarna kehitaman setelah bau tanah (matang).
  • Setiap ruas tanaman ini memiliki rasa yang pahit.
  • Bidara laut dapat tumbuh dengan subur di iklim kering dengan tanah berbatu.

Kandungan senyawa :

Zat kimia yang terdapat dalam tanaman bidara laut menyerupai loganin, brucine, galactan, aƟculubrine, mannosan, brucidine, chlorogenic acid, tetrahydrobrucine, vomicine, copper, strychinicine, strychnine, pseudostrychnine, dan tetrahydrostrychnine.

Efek farmakologis yang terdapat dalam bidara laut menyerupai analgesik, diaforetik, anti-inflamasi, antidote, mendinginkan tubuh, dan melancarkan anutan darah.

Manfaat Bidara Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan:

  1. Mengobati rematik
    2gram biji seledri, 8 gram pucuk daun jambu mede, dan 100 gram kayu bidara laut. Rebus ketiga materi ini bersama 100 ml air hingga mendidih selama beberapa saat. Setelah airnya dingin, minum setiap pagi atau malam hari selama 2 minggu.
  2. Mengontrol kadar gula darah
    Kayu bidara laut memiliki sifat hipoglikemik yang bisa untuk memperbaiki insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak melonjak. Minum air rebusan kayu bidara laut secara rutin dipercaya menurunkan kadar gula dalam darah sebanyak 40%.
  3. Mengobati bisul, kurap, dan radang kulit bernanah
    Anti radang di dalam bidara laut efektif mengobati bisul, kurap dan radang kulit yang lain. 4 gram kunyit, 3 gram daun ketepeng, dan 500 gram kayu bidara laut. Campur semua bahan tersebut dan rebus dalam 110 ml air bersih hingga mendidih selama beberapa menit. TBalur ramuan ke bagian yang mengalami peradangan.
  4. Memulihkan kondisi badan setelah sakit
  5. Menambah nafsu makan
  6. Mengatasi wajah kusam
    10 gram daun pegagan dan 100 gram kayu bidara laut. Seduh keduanya bersama 100 ml air panas. Tunggu hingga kedua materi ini larut, kemudian minum airnya menjelang tidur malam.
  7. Mengatasi kulit kering
    Campur bubuk bidara laut dengan air hangat lalu oleskan pada kulit wajah. Biarkan masker ini kering dengan sendirinya, kemudian basuh wajah anda dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu, untuk hasil maksimal.
  8. Mengobati luka gores
    Daun bidara laut juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka sayat atau gores. Pertama, jemur daun bidara laut hingga kering. Tumbuk daun ini hingga berbentuk bubuk, campur dengan air secukupnya. Aduk keduanya hingga terbentuk pasta lembut. Oleskan pasta ini pada luka di kulit.
  9. Mengobati luka bakar
    Ketika kulit anda mengalami luka bakar misalnya terkena knalpot kendaraan, obati dengan bidara laut. Petik pucuk daun bidara laut, basuh dengan air yang mengalir. Remas daunnya, kemudian balurkan pada kulit yang terbakar.

 

Bidara laut tidak memiliki efek samping karena merupakan obat herbal yang bekerja secara alami. Namun Bidara laut tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang karena akan berakibat dengan organ tubuh. Konsumsi hanya bila terjadi keluhan. Hentikan mengkonsumsi bila keluhan telah hilang atau sembuh.

Baca Juga Artikel Tentang :