Manfaat Bidara Upas

Bidara Upas (Merremia mammosa)-Memiliki nama lain Blanar, Widara Upas (Jawa), hailale (Ambon). Tumbuhan liar memiliki umbi dan hidup merayap atau membelit dan dapat mencapai panjang sampai dengan 6 m. Tumbuh baik di daerah tropis.

Daerah Penyebaran :
Tanaman Bidara Upas berasal dari Filipina dan menyebar ke nusantara. Tumbuh di iklim tropis dari dataran rendah sampai ketinggian 250 mdpl.

Ciri-ciri Tanaman :
Tanaman hidup merayap atau membelit yang panjangnya 3-6 m, batangnya kecil bila dipegang agak licin dan warnanya agak gelap. Daun tunggal, bertangkai panjang, berbentuk jantung, tepi rata, ujung meruncing, panjang 5-12 cm, lebar 4-15 cm, warnanya hijau tua. Perbungaan berbentuk payung menggarpu berkumpul 1-4 bunga, bentuknya seperti lonceng berwarna putih, panjang 7-8 cm, dengan 4 helai kelopak. Umbi berkumpul di dalam tanah, mirip ubi jalar. Bila tanahnya kering dan tidak tergenang air serta gembur, beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Perbanyakan dengan stek batang atau menanam umbinya.

Kandungan Senyawa :
Di Dalam Umbi bidara upas banyak mengandung resin, damar, zat pahit, dan pati. Selain itu, zat oksidase terdapat dalam getah tanaman ini. Efek farmakologis yang ada di dalamnya termasuk anti inflamasi, analgetik, antidote (melawan racun), laksatif, dan penyejuk. Bahkan diklaim senyawa-senyawa di dalam Bidara Upas mampu menghalangi penggandaan virus HIV namun tidak menghilangkan virusnya.

Cara Mengolah :

  1. Diminum : Diparut lalu diperas atau juga direbus. Air perasan atau rebusan diminum secara rutin.
  2. Obat luar : dibalurkan ditempat luka dengan cara diparut atau ditumbuk.

Manfaat Bidara Upas :

  1. Menyembuhkan peradangan pada usus
  2. Mengobati muntah darah dan typhus
  3. Mengobati masalah BAB berdarah dan lendir
  4. Mengobati difteri
  5. Mengobati serak tenggorokan
  6. Mengobati batuk
  7. Mengatasi batuk rejan
  8. Mengobati kencing manis
  9. Penawar racun bila keracunan makanan.
  10. Anti kanker dan kusta
  11. Melancarkan dan meningkatkan produksi ASI (dibarengi dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat dan susu)
  12. Mengobati luka kulit
  13. Mengobati luka bakar
  14. Penawar racun / bisa
  15. Mengatasi virus sypilis
  16. Mengobati kencing batu

Efek samping :
Walaupun obat herbal cenderung tidak memiliki efek samping, namun efek dari setiap orang bisa berbeda. Konsultasi dengan dokter akan lebih baik.

Baca Juga Artikel Tentang :