Manfaat Bunga Melati

Bunga Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1], Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Ciri-ciri :

Ciri cari bunga melati atau jasmine adalah bunga dari tanaman hias dengan batang tegak dan hidup menahun dengan warna bunga putih dan bau sangat harum. Selain ciri-ciri umum diatas, bunga melati memiliki ciri-ciri khusus. Untuk mengetahui ciri-ciri khusus bunga melati anda dapat lihat pada daftar dibawah ini.

Ciri Khusus Bunga Melati

  • Menurut bentuk batang dan jenisnya, tanaman ini digolongkan dalam tumbuhan semak
  • Batang dari tanaman melati berkayu dan biasanya ketinggian mencapai kurang dari 5 meter.
  • Batang dari tanaman melati sedikit memiliki bulu halus dan jarang.
  • Daun dari tumbuhan melati adalah daun majemuk menyirip (pinnatus), yaitu daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun yang tersusun seperti sirip ikan.
  • Dilihat dari kedudukan daun dan batang tanaman ini berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
  • Daun melati memiliki tangkai dengan helaian saja, berbentuk ovate dengan pangkal daun berbentuk seperti lingkaran dan semakin ujung semakin runcing.
  • Bagian pinggir dari daun melati bergelombang dengan permukaan daun agak berkerut, daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval.
  • Daun dari melati putih memiliki aroma wangi yang banyak digunakan untuk terapi kesehatan.
  • Bunga melati adalah bunga majemuk dengan ibu tangkai bunga keluar dari ketiak daun.
  • Susunan dari bunga melati menyirip dan saling berhadapan
  • Bunga melati memiliki 7 mahkota bunga berlapis denganbentuk datar sehingga tidak ditemukan kelopak bunga.

Terdapat 200 jenis melati diantaranya Melati Merah, Melati Belanda, Melati India, Melati Sambaac, Melati Raja, Melati Hutan, Melati Casablanca, Melati Italia, Melati Bintang dan masih banyak jenis melati lainnya.

Manfaat Bunga Melati :

  • Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.
  • Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu, dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada.
  • Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.
  • Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac (Melati Putih) memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.
  • Beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.

Pemanfaatan Bunga Melati sebagai herbal atau obat alami sebagai berikut :

  1. Teh
  2. Produksi ASI berlebihan
  3. Manfaat Bunga Melati dapat mengobati Radang Ginjal
  4. Mengobati Demam Berdarah
  5. Mengobati Radang Usus
  6. Membuat Masker Tubuh
  7. Menyeimbangkan Gula Darah
  8. Manfaat Bunga Melati dapat Mengobati Stress
  9. Membuat Rambut Menjadi Kuat
  10. Mencegah Kolesterol
  11. Menurunkan Berat Badan
  12. Mengobati Sakit Mata
  13. Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga
  14. Mengobati Demam dan Sakit Kepala
  15. Mengobati Sesak Nafas
  16. Mengatasi PMS
  17. Mengeluarkan racun dalam tubuh
  18. Membantu mengurangi berat badan
  19. Manfaat Bunga Melati dapat Mengurangi kemungkinan stroke
  20. Menjauhkan diri dari kanker
  21. Mengobati stress
  22. Mengobati flu
  23. Mengobati radang usus
  24. Mengobati Insomnia
  25. Mencegah penuaan dini
  26. Menguatkan Rambut
  27. Manfaat Bunga Melati dapat Menghilangkan bau badan
  28. Menghaluskan kulit tubuh

Baca Juga Artikel Tentang :