Manfaat Bunga Pepaya

Tidak ada komentar 28 views

Manfaat Bunga Pepaya

Manfaat Bunga Pepaya

Pohon Pepaya merupakan salah satu pohon yang punya banyak manfaat yang terkandung di dalam, mulai dari buahnya, daun, biji dan bunga. Semuanya itu mempunyai khasiat, bunga pepaya mungkin sangat jarang kita temui namun salah satu bagian dari pohon pepaya ini mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita.

Khasiat bunga pepaya, terletak di dalam kandungan gizinya yang melimpah. Di dalam setiap 100 gram bunga pepaya, terdapat:

Kandungan Nilai Gizi
Energi 45 kkal
Protein 2,6 gr
Lemak 0,3 gr
Karbohidrat 8,1 gr
Kalsium 290 mg
Fosfor 113 mg
Zat Besi 4,2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin C 23,3 mg

Mari kita telusuri apa saja manfaat bung pepaya bagi kesehatan kita.
1. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.
2. Menangkal Radikal Bebas
Aktivitas yang padat dan sering terpapar polusi dapat membuat fungsi organ tubuh terganggu, bahkan memperbesar peluang munculnya sel kanker. Dengan rutin mengkonsumsi bunga pepaya yang mengandung senyawa flavonoid maka tubuh akan terbantu dalam menangkal radikal bebas tersebut.
3. Memperbaiki Nafsu Makan
Jika anak sedang mengalami kesulitan makan, bunga pepaya bisa digunakan sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, sudah banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya pun terbukti sangat ampuh untuk membuat nafsu makan kembali.
4. Mencegah Penyakit Kanker
Selain flavonoid, bunga pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menetralisir racun dalam tubuh, termasuk zat kimia yang terkandung dalam makanan. Jika dibiarkan racun tersebut akan mengganggu aktivitas sel dan menyebabkan penyakit kanker. Karena itu, tidak ada salahnya memasukkan bunga pepaya dalam menu harian untuk mencegah penyakit kanker.
5. Melancarkan Peradaran Darah
Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tembahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah
6. Mengobati Penyakit Diabetes
Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Namun orang-orang jaman dulu banyak yang mengkonsumsi bunga pepaya ini, guna mengontrol kadar dula di dalamnya.
7. Menurunkan Kolesterol
Kandungan antioksidan dan folat pada bunga pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jadi jika Anda merasakan gejala kolesterol, cobalah mengkonsumsi bunga pepaya agar kadar kolesterol dapat kembali normal.
8. Mencegah Serangan Jantung
manfaat bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini selanjutnya akan membantu jantung tetap sehat, serta bisa mencegah serangan jantung.
9. Kaya Akan Antioksidan
Dalam bunga pepaya, ada antioksidan tinggi yang berguna untuk mengurangi peradangan di perut. Selain itu, kolesterol lipid memicu bisa dicegah.
10. Mengatasi Obesitas
Bunga pepaya mengandung serat yang cukup dan beberapa vitamin yang bisa membantu menurunkan berat badan. Serat mengikat kotoran dan lemak berlebih di usus dan membuangnya bersamaan dengan tinja. Jika memiliki kelebihan berat badan, mengkonsumsi bunga pepaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.