Manfaat Cabai Rawit

Cabe rawit merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran jenis terong-terongan, tanaman ini sering digunakan dalam masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam dengan dicampur cabai rawit tersebut. Rasa yang disumbangkan oleh manfaat cabe rawit merupakan rasa pedas, hal ini dikarenakan pada tumbuhan cabai rawit terdapat capsaicin yang menghasilkan rasa pedas pada tumbuhan ini. Cabai rawit (Capsicum frutescens) yang masuk kedalam tanaman Solanaceae atau terung-terungan. Jenis cabai rawit pun bermacam-macam, diantaranya cabai rawit putih, cabai rawit ceplik, cabai rawit ceblik hijau.

Ciri-ciri :

  • Perdu tegak, tinggi 50-100 cm, setahun atau menahun.
  • Batang berkayu, berbuku-buku, atau bagian atas bersudut.
  • Daun tunggal, bertangkai , letak berselingan.
  • Helaian daun bentuknya bulat telur sampai elips, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 5-9,5 cm, lebar 1,5-5,5 cm, berwarna hijau.
  • Bunga tunggal, berbentuk bintang, berwarna putih, keluar dari ketiak daun.
  • Buahnya buah buni berbentuk bulat telur, lurus atau bengkok, meruncing pada bagian ujungnya, menggantung, permukaan licin mengilap, diameter 2,5-12 mm, panjang 1-3 cm, bertangkai pendek, rasanya pedas.
  • Buah muda berwarna hijau tua, putih kehijauan, atau putih, buah yang masa.k berwarna merah terang.
  • Biji yang masih muda berwarna kuning, setelah tua menjadi cokelat, berbentuk pipih, berdiameter sekitar 4 mm.
  • Perbanyakan tanaman melalui biji

Penyebaran :
Cabai berasal dari Amerika tropis, tersebar mulai dari Meksiko sampai bagian utara Amerika Selatan. Di Indonesia, umumnya cabal dibudidayakan di daerah pantai sampai pegunungan, hanya kadang-kadang menjadi liar. Menyukai daerah kering dengan ketinggian 0,5-1.250 mdpl.

Kandungan Senyawa:
Buahnya mengandung kapsaisin, kapsantin, karotenoid, alkaloid asiri, resin, minyak menguap, vitamin (A dan C). Kapsaisin memberikan rasa pedas pada cabai, berkhasiat untuk melancarkan aliran darah serta pematirasa kulit. Biji mengandung solanine, solamidine, solamargine, solasodine, solasomine, dan steroid saponin (kapsisidin). Kapsisidin berkhasiat sebagai antibiotik.

Manfaat :
Cabai rawit rasanya pedas, sifatnya panas, masuk meridian jantung dan pankreas. Tumbuhan ini berkhasiat tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah, antirematik, menghancurkan bekuan darah (antikoagulan), meningkatkan nafsu makan (stomakik), perangsang kulit (kalau digosokkan ke kulit akan menimbulkan rasa panas. Jadi, digunakan sebagai campuran obat gosok), peluruh kentut (karminatif), peluruh keringat (diaforetik), peluruh liur, dan peluruh kencing (diuretik). Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan Candida albicans. Daya hambat ekstrak cabal rawit 1 mg/ml setara dengan 6,20 mcg/ml nistatin dalam formamid

Baca Juga Artikel Tentang :