Manfaat Cengkeh

Manfaat Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman rempah yang hampir bisa ditemukan diseluruh indonesia. Cengkeh merupakan rempah-rempah yang sering dipakai untuk bumbu masakan, tapi sekarang ini lebih banyak untuk campuran dalam rokok. Tapi selain itu banyak sekali manfaat dan khasiat yang kita peroleh jika mengkonsumsi cengkeh.

Manfaat-manfaat dari cengkeh yang telah diuji secara klinis :

  1. Analgesik ( obat penahan rasa sakit ) / Obat sakit gigi
    Minyak cengkeh memang tidak diragukan lagi akan khasiat untuk mengobati sakit gigi dan telah ditemukan dalam ekperimen terbaru membuktikan bahwa minyak cengkeh mampu berperan sebagai analgesik atau obat penahan rasa sakit.
  2. Jantung
    Kandungan eugnol pada cengkeh secara ajaib mampu memcegah pembekuan darah sekaligus mampu mencegah terjadinya stroke
  3. Sebagai Antiseptik
    Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang dapat dijadikan pembersih kuman. Langkahnya yakni dengan merebus sekitaran 15-20 lembar daun cengkeh, setelah itu air rebusan cengkeh campurkan kedalam bak mandi. Pakai air yang telah dicampur air rebusan daun cengkeh untuk mandi dengan menggosoki badan anda sampai bersih.
  4. Mencegah inflamsi (peradangan)
    Kandungan flavonoid yang terdapat pada minyak cengkeh memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat bagi penyandang penyakit rematik. Kandungan yang ada pada cengkeh juga mampu berperan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai gangguan kecil saluran pencernaan.
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Cengkeh mampu melawan berbagai jenis penyakit biasa sampai penyakit mematikan sekaligus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mengatasi mual dan muntah
    Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah ini.
  7. Mencegah Peradangan
    Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.
  8. Perangsang seksual alami
    Sebuah penelitian membuktikan adanya kandungan afrodisiak pada cengkeh terbukti mampu menaikan rangsangan seksual. Tidak hanya itu saja kandungan cengkeh juga mampu mengatasi ejakulasi dini.
  9. Mengatasi batuk-batuk
    Kunyah cengkeh untuk mengobati batuk, rasa gatal ditenggorokan akan segera hilang. Rasanya getir serta ada pahitnya, namun dengan kandungan ekspektoran alami akan mengencerkan dahak dan meredakan batuk.
  10. meredakan sinusitis
    Terdapat banyak studi yang mengkaitkan manfaat cengkeh dengan problem sinusitis. Langkah penyembuhannya untuk menangani sinusitis yakni dengan memanfaatkam bubuk cengkeh lalu menempatkannya di bagian dalam hidung.

Baca Juga Artikel Tentang :