Manfaat dan Khasiat Brojo Lintang

Brojo Lintang (Belamchanda chinensia) – Merupakan tanaman semak dengan bunga jamak. Sering digunakan sebagai tanaman hias. Brojo Lintang juga sering disebut dengan bunga emprit, suliga, jamaka atau leopard lily. Tanaman ini telah ditemukan hampir di seluruh dunia.

Daerah Penyebaran :
Tanaman Brojo Lintang berasal dari Cina, Jepang, atau India. Lalu disebarkan ke Amerika. Ada 5 jenis Brojo Lintang yang dikonsumsi oleh masyarakat Amerika. Sekarang hampir di seluruh dunia ditemukan tanaman ini.

Ciri-ciri Tanaman :
Brojo lintang meupakan tanaman menahun yang tumbuh tegak dengan tinggi 50 hingga 120 cm, tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan, di luar pagar, kadang-kadang tumbuh liar di daerah pegunungan dan terdapat dari dataran rendah sampai 2000 m di atas permukaan laut. Daunnya tampak jelas 2 baris, dengan pangkal yang membelah berbentuk pelepah tinggi, dengan bentuk garis atau lanset yang miring, hijau kebiruan, bertepi transparan serta yang terendah 30- 60 kali 2–4 cm, yang tinggi kecil dan agak berjarak. Tanaman ini mempunyai rimpang yang menjalar dan berwarna kuning dengan banyak akar serabut. Bunga berupa bunga majemuk dengan jumlah 6-12 kuntum, diujung batang berwarna kuning oranye dengan bintik-bintik merah. Tangkai putik lebih panjang daripada benang sari, tidak bercabang lagi. Buah bulat lonjong dengan panjang 2,5 hingga 3,5 cm dengan biji yang banyak berwarna hitam, di pulau Jawa, tanaman ini jarang berbuah.

Kandungan Senyawa pada Tanaman :
Akar : Terdapat zat iridin, belamkandin, tecttorigenin, tectoridin, dan glikosida skenin
Daun dan bunga : Mangiferin

Efek :
Tanaman ini baik digunakan sebagai antibiotik, anti virus, anti inflamasi, laksatif, peluruh dahak, antipiretik, dan melancarkan aliran darah.

Manfaat Brojo Lintang :

  1. Sebagai penurun panas (antipiretik)
    15 gr daun dan bunga ditumbuk lembut kemudian balurkan ke tubuh.
  2. Mengobati radang tenggorokan/ amandel
  3.  Mencegah sembelit
  4. Mengatasi Sakit Pinggang
  5. Mengatasi Sakit Tenggorokan
  6. Mengobati asma dan batuk
  7. Mengatasi demam nifas
  8. Mengobati iritasi kulit

KONTRAINDIKASI :

Tanaman Brojo Lintang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, sangat berbahaya bagi janin. Tidak ada efek samping bila digunakan untuk obat luar.

Baca Juga Artikel Tentang :