Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan

Daun pegagan merupakan tanaman yang liar bahkan awalnya tidak dimanfaatkan sama sekali untuk mengatasi penyakit. Hanya saja setelah mengetahui manfaatnya banyak yang menikmati sebagi minuman herbal atau obat alami. Daun pegagan merupakan tanaman Asia Tropik yang banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri di tiap wilayah banyak ditemukan. Hanya saja terkadang penyebutan nama di tiap daerah itu berbeda beda. Misalnya di Jawa biasa disebut kerok, pegagan atau panegowang, dan daerah lainya dengan nama yang berbeda. Pada dasarnya memang tanaman ini gampang tumbuh di daerah dengan tanah lembab dan terkena sinar matahari. Selokan, empat atau sawah menjadi habitat paling gampang untuk menemukan daun pegagan.

Ini merupakan tanaman liar, makanya sangat mudah ditemukan. Tetapi ternyata dibalik itu, tanaman ini terkenal sebagai obat herbal yang mampu secara alami mengatasi berbagai macam penyakit.

Berkaitan dengan manfaatnya sendiri ternyata tanaman yang satu ini bisa dikatan mampu menjadi obat berbagai macam penyakit. Asalkan tahu bagaimana cara meramunya menjadi obat yang berkhasiat. Berikut beberapa penyakit yang bisa mengunakan daun pegagan sebagai obat herbal.

  • Pertama, daun pegagan mengatasi sakit tipes. Caranya sangatlah sederhana dengan meramu segenggam daun pegagan dan juga jangan lupa dicampurkan dengan daun jintan, tapak lima, kemudian dikukus dan disaring untuk diambil airnya.
  • Kedua, dapat mengobati maag, rebus daun pegagan, bersamaan dengan pupus pepaya, adas, jinten, kencur parut sambung daun pooh, pulisari, ketumbar, dan falerian. Itu semua nanti untuk airnya diminum agar bisa membuat anda terhindar dari maag dan perut kembung.
  • Ketiga, daun pegagan ternyata bisa menyembuhkan asma, penurun demam dan juga penambah nafsu makan. Cara kerjanya sebenarnya sama yakni dengan menyeduh air rebusan daun pegagan. Yang membedakan adalah campurannya.
  • Selain itu, daun pegagan ternyata juga berkhasiat untuk menghindari ada dari gejala sakit kepala. Caranya sangat mudah yakni dengan meminum saringan rebusan daun pegagan yang dicampurkan dengan madu. Masih banyak lagi khasiat yang bisa dilakukan dengan tanaman liar yang satu ini. Ternyata di dalam daun pegangan ini terdapat glikosida triterpenoida yang mana mampu mencegah terjadinya penyakit lepra pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan juga khasiat dari tumbuhan tropik ini. Obat herbal merupakan salah satu bentuk obat obatan yang bisa anda dapatkan dan anda ketahui sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi berbagai gejala atau penyakit. Banyak yang beranggapan bahwa daun pegagan ini sebuah tanaman liar yang tidak memberikan daya guna terhadap manusia. Tak heran banyak yang mengabaikan. Padahal kalau diketahui ternyata tanaman daun pegagan ini memiliki manfaat yang luar biasanya. Mulai dari sekarang mari kita lindungi dan rawat tanaman yang satu ini.

Baca Juga :