Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk kesehatan

Tumbuhan ini sering kita gunakan sebagai bumbu dapur, Kunyit adalah tanaman herbal yang temasuk famili Zingiberaceae, sama seperti jahe,lengkuas da temulawak. Tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Di Indonesia selain kita konsumsi sebagai bumbu makanan, juga digunakan untuk bahan baku jamu.

Selain mempunyai manfaat sebagai bumbu dapur atau menjadi bahan baku untuk mebuat jamu, ternyata kunyit banyak sekali mempunyai manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari kunyit :
1. Meredakan maag
maag merupakan penyakit yang menyerang lambung yang menyebabkan radang lambung. Maag dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola mkan yang tidak teratur atau danya infeksi oleh bakteri, kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung.
2. Menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung
Sebuah penelitian membuktikan, kunyit sebagai bumbu pada makanan bisa mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) pada darah. Dengan turunnya kolestrol, masalah kesehatan jantung maupun pembuluh darah bisa dihindari.
3. Mencegah kerusakan hati
Kunyit akan membantu hati memproduksi enzim lebih banyak yang berfungsi untuk memecah dan menghancurkan racun dalam tubuh. Hati yang bekerja lebih ringan dan tidak banyak tertumpuk racun akan membuatnya sehat, dan tidak mudah rusak.
4. Melancarkan pencernaan
Kunyit menyetimulasi produksi cairan empedu, sehingga memperlancar pencernaan dan mencegah perut begah. Karena kunyit membantu perkembang biakan bakteri baik di dalam usus, atau biasa disebut probiotik.
5. Mencegah kanker
Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kunyit dapat mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit mampu membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas obat-obatan konvensional yang digunakan dalam pengobatan kanker.
6. Mengatasi jerawat dan mencegah penuaan kulit
Masalah kulit dapat dialami oleh siapa saja baik remaja maupun orang dewasa. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya peradangan dan benjolan pada permukaan wajah maupun area tubuh lainnya. Salah satu manfaat kunyit adalah meredakan infeksi P.acne sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa antibakteri yang dapat. Selain mengatasi bekas jerawat, mengkonsumsi kunyit yang kaya akan antioksidan secara rutin mampu menunda penuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat dari kunyit yang mungkin bermanfaat dan memberikan informasi tentang kunyit, Salam sehat alami.

Mungkin Anda Menyukai