Manfaat dan Khasiat Semangka

Semangka (Citrullus vulgaris Schrad.)

Semangka – Adalah salah satu tanaman buah. Buahnya enak sekali, bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi sebuah minuman yang segar. Memiliki kandungan air yang banyak sehingga bisa sebagai penghilang rasa haus. Semangka merupakan suku dari timun-timunan.

Ciri-ciri
Terna semusim ini tumbuh menjalar di atas tanah atau memanjat dengan sulur-sulur atau alat pembelit. Batang lunak, bersegi dan berambut, panjangnya 1,5–5 m. Sulur tumbuh dari ketiak daun, bercabang 2–3. Daun letak berseling, bertangkai, helaian daun lebar dan berbulu, berbagi menjari, dengan ujung runcing, panjang 3–25 cm, lebar 1,5–15 cm, tepi bergelombang, kadang bergigi tidak teratur, permukaan bawah berambut rapat pada tulangnya. Bunga uniseksual, keluar dari ketiak daun, tunggal, biasanya bunga jantan lebih banyak, berbentuk lonceng lebar, warnanya kuning, mekar pada pagi hari. Buah berbentuk bola sampai bulat memanjang, besar bervariasi dengan panjang 20–30 cm, diameter 15–20 cm, dengan berat mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Kulit buahnya tebal dan berdaging, licin, warnanya bermacam-macam seperti hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris-garis putih. Daging buah warnanya merah, merah muda (pink), jingga (oranye), kuning, bahkan ada yang putih. Biji bentuk memanjang, pipih, warnanya hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga yang tanpa biji (seedless).

Penyebaran
Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Tumbuh liar di tepi jalan, padang belukar, pantai laut, atau ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman buah. Semangka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 mdpl.

Kandungan Senyawa
Sifat kimia : Rmanis, sifatnya dingin, afinitas ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih. Biji rasanya manis, sifatnya netral.
Kandungan kimia : Rorifone, rorifamide, 6 crystalline substans (2 substansi netral dan 4 asam organik) dan beberapa turunan decyanated.
Efek farmalogis :penyejuk tubuh selagi cuaca panas, peluruh kencing (diuretik), antiradang, melumas usus, dan menghilangkan haus. Bijinya berkhasiat peluruh kencing (diuretik), menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Manfaat
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat kulit buah, daging buah, dan bijinya.

Indikasi

  • Kulit buah semangka digunakan untuk pengobatan:
    bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus),  gatal karena tanaman berracun, sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover),
    migren, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari.
  • Daging buah digunakan untuk pengobatan:
    pingsan karena udara panas (heatstroke), rasa letih, demam, haus disertai mulut kering, napas berbau,  air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing, perut kembung karena banyak gas,  susah buang air besar (sembelit),  sakit tenggorok, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi),  disfungsi ereksi (impoten), meningkatkan kesuburan pria, keracunan alkohol (alkoholism),  asam urat tinggi, dan menghilangkan kerutan di wajah.
  • Biji digunakan untuk pengobatan:
    susah buang air besar selama hamil atau usia tua,  radang hati, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih,  kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan  busung lapar.

Pengolahan

  • Rebus kulit buah (10–30 g), lalu minum. Daging buah dimakan atau dijus secukupnya. –
  • Untuk pemakaian luar, gosokkan kulit buah pada kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut atau gatal gatal karena tanaman berracun. Gunakan air rebusan kulit buah untuk mencuci muka yang berjerawat, kulit yang berkudis, atau biang keringat.

Catatan : Konsultasikan ke dokter bila ingin mengkonsumsi dengan obat lain. Hentikan pemakaian bila terjadi kontraindikasi

Baca Juga Artikel Tentang :

Mungkin Anda Menyukai