Manfaat dan Khasiat Tanaman Arbenan

Manfaat dan Khasiat Tanaman Arbenan

 

Tanaman Arbenan – Tanaman ini memiliki beberapa sebutan dibeberapa daerah seperti Seladren (Jawa), arbenan, arben leuweng (Sunda), Snagkakcao (Jakarta) She mei (Cina), Snake strawberry (US). Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Duscesnea indica. Banyak ditemukan di hutan-hutan. Merupakan tanaman dataran tinggi. Rasa buahnya asam,

Penyebaran :
Diperkirakan berasal dari Himalaya (India/Cina) menyebar ke hampir kawasan didunia.

Ciri- ciri Tanaman :
– Tumbuh menjalar
-Batangnya lemas, bercabang banyak, panjangnya mencapai 60 cm dengan nodul ditempat keluarnya percabangan dan akar tambahan.
-Biasanya terdapat didaerah dengan ketinggian 800-1.800 dpl.
-Daunnya majemuk menjari beranak daun tiga, bertangkai panjang, Anak daun berbentuk bulat telur, tepi bergerigi, Pangkal rata.
-Bunga tunggal, berwarna kuning, keluar dari ketiak daun, bertangkai panjang, berukuran 12-15 mm.
-Buah bulat agak lonjong, berbintil-bintil, dan berwarna merah.

Kandungan :
Dalam tanaman Arbenan banyak mengandung Emodin, Asam Krisofanat, Fistosterol, Minyak Asiri, dan Kalsium, Asam Linoleat, Asam Oleat dan beta sitosterol.

Bagian yang digunakan
Seluruh tumbuhan (Duchesnea Indicae Herba / She mei / snake Strwbery ) dapat digunakan untuk obat. Pemakaianya dalam bentuk segar atau sudah dikeringkan.

Sifat dan Khasiat
Sifatnya manis, pahit, dingin dan sedikit beracun.
Khasiatnya untuk menghilangfkan panas dan racun, anti biotic, anti radang, menghentikan pendarahan, menghancurkan darah beku, dan mengurangi pembengkakan.

Manfaat :
Tanaman Arbenan biasa digunakan sebagai obat luka, bisul, influenza, batuk, demam, sakit tenggorokan, sariawan, TBC kelenjar, hepatitis, disentri, masalah haid dan beberapa jenis kanker (misalnya paru-paru, serviks dll).

Resep sederhana :

  • Untuk perawatan kesehatan sehari-hari : 30-60 g tanaman segar, direbus, diperas, dan diminum airnya.
  • Untuk obat luar (luka, bisul) : tanaman ditumbuk halus, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk meredakan bengkak, tanaman kering ditambah arak lalu kompreskan pada bagian tubuh yang bengkak.
  • Disentri : 30 g tanaman direbus, airnya diminum.

Efek Samping :
Jika dikonsumsi secara benar, obar herbal tidak memiliki efek sampin. Karena bekerja secara alami.

Baca Juga Artikel Tentang :