Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan

Tidak ada komentar 103 views

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bandotan

Gambaran Umum

Tanaman ini mempunyai nama laitin Ageratum conyzoides L. Termasuk ke dalam golongan tumbuhan terna semusim, tumbuh tegak, tingginya bisa mencapai 90 cm dan berakar bercabang. Batangnya bulat, jika batangnya menyentuh tanah maka akan dapat tumbuh akar. Daun bertangkai letaknya daling berhadapan dan bersilang, bentuk daun bulat lonjong seperti telur dangan pangkalnya bulat dan ujungnya meruncing dan sedikit bergerigi dengan panjang daun bisa mencapai 10 cm dan lebar daun bisa mencapai 6 cm dan berwarna hijau. Bila berbunga, maka muncul bunga majemuk, bisa 3 atau lebih yang terbentuk dan berwarna putih. Panjang bongol bunga hanya 6-8 mm, dengan tangkai sedikit berambut.buahnya berwarna hitam dan sangat kecil. Bandotan sendiri berasal dari Amerika Tropis. Di Indonesia tanaman bandotan sendiri merupakan gulma atau tumbuhan pengganggu dan tumbuh liar di ladang, kebun dan tanah-tanah kosong. Tumbuh subur di ketinggian 1-1.200 mdpl. Jika dalam kondisi membusuk, tumbuhan ini mengeluarkan bau yang tidak enak.

Kandungan yang terdapat di tanaman Bandotan

Di dalam tanaman Bandotan banyak mengandung, asam amino, organacid, pectic substance, minyak asiri kumarin, ageratochomene, beta sitosterol, stigmasterol, tanin, sulfur, dan potasium chlorida. Akar bandotan banyak mengandung minyak asiri, alkaloid dan kumarin.

Kegunaan tanaman bandotan

Bandotan bagus digunakan sebagai stimulan, tonik, pereda demam, antitoksik, meredakan pembengkakkan, menghentikan pendarahan, peluruh haid, peluruh kencing, dan pelumuh kentut. Daunnya sendiri dapat dipakai sebagai insektisida nabati. Ekstrak daun bandotan dapat memperpanjang siklus birahi dan memperlambat perkembangan folikel mencit betina (virgin dan non virgin)

Indikasi

Khasiat tabanan bandotan digunakan untuk :penyembuhan penyakit demam, malaria, sakit tenggorokan, rdang paru-paru, radang telinga tengah, pendarahan rahim, luka berdarah, mimisan, diare, disentri, mulas, muntah-muntah, perut kembung, keseleo, pegal linu, mencegah kehamilan, badan lelah sehabis bekerja, produksi air seni sedikit, tumor rahim, dan perawatan rambut. Akarnya sendiri efektif untuk meredakan demam.

Cara penggunaan :

Untuk yang diminum, rebus 15-30 gr herba kering atau 30-60 herba segar. cara lain, tumbuk herba segar lalu peras, minum air perasan secara rutin. Untuk pemakaian luar, tumbuk herba hingga halus, campurkan sedikit minyak sayur lalu bubuhkan pada luka, bisul, eksim, dan penyakit kulit lain.

 

Baca Juga Artikel Tentang :