Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

Pernahkah anda mendengar pepetah yang mengatakan bahwa dunia tidak selebar daun kelor, yah dunia itu luas, besar sedangkan daun kelor ukurannya kecil sekali. ok, untuk ukuran atau fisik daun kelor kalah jauh sekali unkurannya namun jangan anda remehkan khasiat yang terkandung dalam daun kelor, para ilmuwan menyebut tumbuhan ini”The Miracle Tree” atau tanaman ajaib.

Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera adalah tumbuhan dari suku Moringaceae yang memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, dengan bunga berwarna putih kekuninganyan mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak. Dan tanaman ini asli Indonesia loh.

Who menganjurkan agar anaka-anak dan bayi yang masih dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor karena daun kelor berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah gizi buruk pada anak. Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa dau kelor mengandung semua unsur asam amino yang sanagt penting, kecuali vitamin C, semua kandungan gizi terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) jika dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk. berikut kita baca beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh kita.

. Apabila di buat teh manfaat yang berguna bagi tubuh kita :
– menjaga berat badan
– menyediakan energi
– membantu pencernaan
– meningkatkan fungsi ekskresi

. Untuk pencegahan penyakit
– penyakit jantung
– anti kanker
– anti diabetes
– mengurangi peradangan
– penyakit kulit
– menyehatkan Mata
– menyembuhkan rematik

Manfaat Daun Kelor Sebagai Farmakologis
antimikroba,
antijamur,
antihipertensi,
antihyperglikemik,
antitumor,
antikanker,
anti-inplamasi
ekstrak daun kelor dapat berfungsi sebagai antidiare (antidiarraheal activity) dengan dosis oral 300 mg/kg berat badan
Hal ini karena adanya kandungan diantaranya asam askorbat, flavonoid, phenolic, dan karatenoid.
Manfaat lain daun kelor dapat dijadikan sebagai teh dengan kandungan polifenol catechin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG) yang berfungsi untuk :

menghambat pertumbuhan sel kanker,
membunuh sel kanker,
efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, dan
menghambat pembentukan bekuan darah abnormal yang menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke.

itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun kelor yang bisa digunakan sebagai obat alternatif, namun apabila penyakit masih berlanjut silahkan konsultasikan dengan dokter.

Mungkin Anda Menyukai