Manfaat Daun Legundi

Legundi adalah tumbuhan tropis. Tanaman legundi memang telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Tanaman legundi sendiri termasuk tanaman yang menarik dengan bunga berwarna ungu sehingga banyak ditanam untuk tanaman hias. Dengan perawatan rutin maka (pemangkasan rutin) tanaman legundi kan memiliki cabang yang rapat dan pertumbuhan cabang yang kekar. Tanaman ini pun berciri khas setiap tangkai daun memiliki 3 buah daun.

 

Kandungan senyawa :
Tanaman legundi sangat kaya akan nutrisi dan kandungan gizinya berupa viteksin, casticin, artemetin, luteolin, friedelin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, triterpenoid friedelin, isoorientin, dan glukuronid. Kandungan antioksidannya juga sagat tinggi terutama di bagian daun dan buah legundi yang diambil dari senyawa flavonoid, tripenoid dan sterol. Bukan itu saja namun semua bagian dari tanaman legundi ini mengandung minyak astiri yang di dalamnya tersusun dari kamfer, pinen dan sineol terpinylasetat.

 

Manfaat :

  1. Tanaman ini bermanfaat sebagai obat cacingan
    Cuci bersih daun legundi rebus daun legundi sampai mendidih. Minum air rebusan dengan teratur.
  2. Mengatasi penyakit TBC dan Radang Paru-paru
    Segenggam daun legundi dicampur dengan lima daun waru lengis muda, satu sendok bidara upas yang diparut, setengah genggam daun pegagandan satu sendok makan kencur. Rebus semua bahan kedalam 6 gelas air sehingga menjadi 3 gelas. Minum untuk 3x minum dalam 1 hari.
  3. Mengatasi sakit batuk
    Rebus 5 gr daun legundi campur dengan kencur 6 gr, kunyit 5 gr ke dalam 120 ml air sampai mendidih. Minum secara rutin tiap hari.
  4. Mengatasi masalah rahim
    Rebus segenggam daun legundi bersama temu hitam 6 gr kedalam 1 liter air. Konsumsi selama 7 hari secara rutin.
  5. Mengobati radang dan sakit tenggorokan
    Kumur-kumurlah dengan air rebusan daun legundi
  6. Obat sakit Limpa
    Tumbuk daun legundi dan balurkan pada bagian yang sakit
  7. Mengobati sesak nafas
    Rebus 9 lembar daun legundi, daun sembung 3 lembar dan daun serawung 3 lembar. Rebus kedalam 0,5 liter air buat jadi 1 gelas. Minum 2 gelas setiap hari.
  8. Obat muntah darah
    Sama seperti obat sesak nafas.

Baca Juga Artikel Tentang :