Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan

Manfaat Getah Jarak untuk kesehatan

Pohon Jarak atau Jarak Pagar merupakan salah satu tanaman apotik hidup, sehingga tanaman Jarak biasa digunakan untuk pengobatan secara herbal atau sebagai obat alternatif. Tanaman ini dapat dimanfaatkan dari akar, batang, daun, biji, hingga getahnya pun dapat digunakan sebagai obat alternatif. Tanaman jarak juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, terbukti dari getah jarak dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel.

Tanaman ini berasal dari Yunani, mempunyai nama ilmiah Jatropa Curcas.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman Jarak :

  1. Mengobati penyakit kulit dan gatal-gatal
    Penyakit kulit ringan dapat diatasi dengan memanfaatkan getah jarak. Penyakit kurap, panu, gatal-gatal pada kulit, infeksi kulit, koreng dan jamur dapat diatasi dengan cara mengoleskan getah Jarak ke bagian yang sakit. Caranya patahkan tangkai daun tanaman jarak, oleskan getah yang keluar dari tangkai daun tanaman jarak ke bagian yang gatal atau terinfeksi. Lakukan kegiatan ini 2 sampai 3 kali sehari.
  2. Sebagai obat sakit gigi.
    Nyeri ketika sakit gigi karena berlubang dapat diatasi dengan memanfaatkan getah Jarak. Sama seperti cara diatas, teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang.
  3. Menyembuhkan luka ringan pada kulit.
    Ketika anda tidak memiliki salep atau obat merah saat luka, oleskan getah jarak pada bagian yang luka, getah Jarak akan membantu mempercepat penyembuhan luka. Namun sebaiknya luka yang akan diolesi dibersihkan dahulu.
  4. Sebagai obat sariawan.
    Sariawan adalah infeksi ringan di bagian mulut, biasanya terjadi ketika tidak sengaja tergigit atau metabolisme tubuh sedang menurun atau dalam kondisi tidak fit. Teteskan getah Jarak pada sariawan. Maka getah Jarak akan mempercepat penyembuhan pada sariawan tersebut.
  5. Mengobati iritasi pada mata.
    Ketika mata anda mengalami iritasi, kompres mata anda dengan kapas menggunakan campuran air dan getah jarak. Lakukan rutin untuk mendapat hasil maksimal.
    Selain hal-hal diatas, tanaman Jarak dapat mengatasi perut kembung, peradangan pada bagian mulut Susah BAB, Masuk Angin dan mengobati rematik.

Baca Juga Artikel Tentang :