Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesahatan

Manfaat Jantung Pisang – Jantung pisang adalah bunga pisang atau juga bakal buah pisang yang dihasilkan oleh tanaman pisang.

Kandungan Senyawa Pada Jantung Pisang

  • Pada jantung pisang terdapat senyawa antioksidan, tanin dan flavonoid. kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya adalah Protein, Vitamin E, Serat, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Kalium, Magnesium, Zat besi, Tembaga.
  • Jantung pisang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri

Manfaat yang bisa diperoleh ketika mengkonsumsi jantung pisanga adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah Stroke dan Penyakit jantung
    Dengan nutrisi yang terkandung di dalam jantung pisang mampu mencegah terjadinya pendarahan pada otak, jantung dan pembuluh darah sehingga ketika mengkonsumsi jantung pisang secara rutin maka akan terhindar dari terkena stroke. Kalium pada jantung pisang juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini sangat bagus karena penyakit jantung dimulai dari peningkatan tekanan darah.
  2. Melindungi dari radikal bebas
    Radikal bebas dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius pada tubuh. Radikal bebas umumnya menyerang sel-sel yang sehat yang dapat berdampak seperti penuaan dini, serangan jantung, kanker dan lainnya. Jantung pisang mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu mencegah bahaya terkena kanker, penuan dini.
  3. Meningkatkan Produksi sel darah merah
    Kandungan zat besi yang tinggi pada jantung pisang terbukti membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Untuk orang yang mengidap penyakit anemia sangat disarankan mengkonsumsi jantung pisang.
  4. Mencegah infeksi dan peradangan
    jantung pisang mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri sehingga ketika dikonsumsi akan mencegah penyakit maag, infeksi jamur, radang sendi, serta berbagai masalah peradangan dan infeksi lainnya.
  5. Obat Sembelit
    Kandungan serat yang terkandung dalam jantung pisang sangat bagus untuk proses pencernaan sehingga menghindari sembelit, juga sangat bagus dikonsumsi ketika sedang terserang mulas-mulas, sakit peruts ataupun diare.
  6.  Mencegah penyakit Diabetes
    Sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa jantung pisang memiliki kandungan tinggi serat, yang sangat penting untuk membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah. Lonjakan tingkat gula darah sangat berbahaya, karena dalam jangka panjang bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi penyakit diabetes seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf.
  7. Mengatasi Datang Bulan Tidak Teratur
    Mengkonsumsi jantung pisang mampu untuk melancarkan siklus datang bulan. Kandungan di dalam jantung pisang bekerja untuk mengontrol hormon-hormon di dalam tubuh. Manfaat lainnya, konsumsi jantung pisang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri di perut dan panggul.

Mungkin Anda Menyukai