Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat kayu manis bagi kesehatan :

  1. Mengurangi kadar kolesterol LDL (Kolesterol jahat). mengurangi kolesterol LDL dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
  2. Mengatur tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan dimana adanya tekanan yang terlalu tinggi pada pembuluh darah arteri. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai penyakit yang membunuh secara diam-diam. Hipertensi bisa berujung pada komplikasi penyakit lainnya yang lebih serius seperti jantung dna stroke. Anda bisa mengonsumsi ramuan rebusan kayu manis dengan ditambahkan rambut jagung serta asam jawa. Kombinasi dari tanama herbal tersebut mampu meredakan penyakit tekanan darah tinggi. untuk hasil optimal sebaiknya anda imbangi dengan olahraga dan jangan makan makanan penyebab tekanan darah tinggi.
  3. Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. Pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.
  4. Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.
  5. Kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis ini.
  6. Mengurangi rasa nyeri akibat rematik
  7. menghangatkan tubuh, Salah satu hal mengapa para penjajah datang dari eropa ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah adalah karena mereka membutuhkan kehangatan. Ya seperti yang diketahui bahwa benua eropa memiliki suhu dingin dan setengah tahunnya tertutup salju. Salah satu manfaat dari kayu manis ini adalah untuk menghangatkan tubuh, sehingga tidak heran banyak makanan eropa yang menggunakan kayu manis sebagai pelengkap masakannya. Kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai obat flu dan demam.
  8. Sebagai obat diare. Saat anda diare anda juga bisa menggunakan ramuan dari kayu manis ini untuk meredakannya. Diare pastinya akan sangat menganggu aktivitas karena cairan tubuh hilang dan anda akan menjadi sangat lemas. Cara membuat ramuan dari kayu manis ini sama dengan rebusan kayu manis namun ditambahkan dengan daun jambu biji yang masih muda. Minumlah sebanyak 2 kali sehari sampai diare anda sembuh. Jangan lupa untuk istirahat ketika anda diare supaya hasilnya lebih optimal.

 

Baca Juga Artikel Tentang :