Manfaat Kembang Kertas

Kembang Kertas – Bunga kertas (dalam bahasa inggris disebut Zinnia Flower, youth and old age flower) adalah bunga yang berupa semak dan perdu kecil, berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang memiliki mahkota bunga yang sangat tipis dan kaku mirip dengan lembaran kertas. Bunga kertas terdiri dari 20 jenis tumbuhan. Bunga ini beersifat semusim, semak, dan sub-semak asli Amerika Utara dengan satu spesies memperluas ke Amerika Selatan.

Berikut ini beberapa jenis bunga kertas yang terdapat di Indonesia:

  • Bunga Kertas Lekuk (zinnia Angustifolia), Kata Angustifolia berasal dari bahasa latin yang berarti berlekuk atau melekuk,
  • Bunga Kertas Cantik (Zinnia Elegans), Kata Elegans berasal dari bahasa Latin yang berarti anggun atau cantik karena bunga tanaman yang berasal dari Meksiko ini paling cantik dibandingkan dengan bunga kertas lainnya.
  • Bunga Kertas Garis (Zinna Linearis), Kata linearis berasal dari bahasa latin yang berarti garis, sesuai dengan daunnya yang berbentuk garis.

Ciri-ciri:

  • Terna menahun yang tumbuh tegak dan berambut kasar ini tingginya sekitar 30-50 cm
  • Daunnya berwarna hijau, letaknya berhadapan.
  • Helaian daun bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung.
  • Bentuk bunganya seperti bunga Aster, dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan yang keluar dari ujung batang.
  • Perbanyakan dengan biji.

Penyebaran:
Kembang kertas merupakan tanaman asli Meksiko, dan dapat ditemukan sampai ketinggian 2.200 mdpl. Tanaman ini menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena cahaya matahari, biasa ditanam secara bergerombol di taman-taman atau di pekarangan sebagai tanaman hias atau bunganya digunakan sebagai bunga potong.

Kandungan Senyawa:
Sifat kimia: Tawar dan sejuk

Manfaat:
Bagian yang digunakan seluruh herba (tanaman).

Guna:
– Disentri.
– Kencing nanah
– Bisul (furunculosis)
– Sakit pada puting susu (papilla mammae)

Pemakaian:
Untuk minum: 10 – 30 gram, direbus.
Pemakaian Luar: Secukupnya digiling halus dibubuhkan kebagian yang sakit.

Tips: 

  • Pemakaian/Konsumsi obat herbal jangan berlebihan. Bila terasa/muncul kontraindikasi harap hentikan pemakaian. Konsultasikan ke dokter pribadi anda.

Baca Juga Artikel Tentang :