Manfaat Kencur

Kencur atau nama latinnya Kaemferia galanga L merupakan tanaman jenis empon atau tanaman obat golongan suku temu-temuan (Zingiberaceae. Rimpang atau rizhoma mengandung banyak minyak atsiri dan alkaloid yang bagus untuk stimulan.

Penyebaran Tanaman Kencur :
Diperkirakan Kenncur berasal dari India. Di Asia Tenggara Kencur meluas dengan merata, kemudian Cina Selatan, sedikit bagian Australia.

Ciri Tanaman Kencur
Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar jarang sekali ditemui kencur dengan 5 helaian dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Kandungan kimia dalam Kencur :
– Pati
– Mineral
– Minyak atsiri (sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphane, paraeumarin, asam anisat, alkaloid)
– gom

Manfaat Kencur :
– Obat masuk angin/kembung
– Menghilangkan darah kotor
– Obat radang untuk lambung
– Keseleo (parut dan oleskan pada bagian yang keseleo)
– Obat batuk
– Obat begah
– Mengobati diare
– Anti oksidan
– Bumbu masakan
– Membunuh bakteri jahat pada usus
– Sumber serat
– Melancarkan peredaran darah
– Menambah nafsu makan

Baca Juga Artikel Tentang :