Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan kecantikan

Tumbuhan kopi merupakan jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae dengan ciri berbatang keras tumbuh tegak dan bercabang, ciri daun bulat telur dengan ujung runking dengan panjang dapat mencapai 15-40 cm, bunga kopi memiliki kelopak sedikit berbentuk lengkung dan berwarna hijau, memiliki mahkota yang berwarna putih serta berbau harum, jumlah mahkota 5-7 buah, panjang tabung mahkota antara 15-18 mm dan lebar 2-3,5 mm. Buah kopi terdiri dari kulit buah dan biji. Kulit buah kopi terdiri dari tiga bagian yaitu lapisan kulit luar (eksokarp), lapisan daging buah (mesokarp), dan lapisan kulit tanduk (endokarp), sedangkan biji kopi terdiri dari dua bagian, yaitu kulit biji (kulit ari) dan endosperma (putih lembaga).

Penyebaran Kopi
Kopi berasal dari Afrika tepatnya negara Ethopia. Penemuan kopi sendiri terjadi secara tidak sengaja, ketika penggembala mengamati kawanan kambing gembalaannya yang tetap terjaga bahkan setelah matahari terbenam, setelah memakan sejenis buah kopi. Ia pun mencoba memasak dan memakannya. Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika. Setalah itu kopi menyebar ke Arab, bangsa Arab yang memiliki peradaban yang lebih maju daripada bangsa Afrika saat itu, tidak hanya memasak biji kopi, tetapi juga direbus untuk diambil sarinya. Pada abad ke-13, umat Muslim banyak mengonsumsi kopi sebagai minuman penambah energi saat beribadah di malam hari. Biji kopi dibawa masuk pertama kali ke Eropa secara resmi pada tahun 1615 oleh seorang saudagar Venesia. Ia mendapatkan pasokan biji kopi dari orang Turki.

Jenis-jenis Kopi
Tanaman ini dikatakan mempunyai sebanyak 66 spesies tetapi hanya 3 spesies sahaja yang sesuai ditanam secara komersil. Spesies-spesies ini adalah Kopi Liberica, (Coffea liberica var. liberiansis), Kopi Robusta (Coffea robusta/Coffea cenephora) dan Kopi Arabica (Coffea arabica).

Senyawa pada Kopi

  1. Kafein
    Kafein diklasifikasikan sebagai drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihi dosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan.
  2. Ethyphenol
    Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.
  3. Quinic Acid
    Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.
  4. Dicaffeoylquinic Acid
    Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.
  5. Dimethyl Disulfide
    Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.
  6. Acetylmethylcarbinol
    Zat yang satu ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega.
  7. Putrescine
    Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.
  8. Trigonelline
    Zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.
  9. Niacin
    Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh.

Manfaat Kopi untuk kesehatan dan kecantikan

  1. Meningkatkan stamina
  2. Mencegah kanker
  3. Menjaga kesehatan mulut
  4. Mengurangi resiko terkena diabetes
  5. Mencegah parkinson
  6. Menaikkan mood, menghilangkan depresi dan stress
  7. Digunakan sebagai masker
  8. Perawatan kulit kepala
  9. Menyegarkan kulit
  10. Kopi dimanfaatkan untuk pedicure dan manicure
  11. Ampas kopi digunakan untuk mengencangkan wajah
  12. Memiliki efek menenangkan