Manfaat Kunyit Sebagai Tanaman Obat

Kunyit biasa juga disebut kunir, memiliki nama latin Curcuma longa Linn merupakan salah satu jenis tanaman rempah dan tanaman obat. Tanaman rempah ini asli dari Asia Tenggara yang mana menyebar di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia. Namun ditemukan juga di Australia dan Afrika.

Tanaman ini banyak digunakan sebagai jamu dan juga bumbu masakan. Tidak sulit untuk membedakan kunyit dengan rempah lainnya. Tanaman ini memiliki warna yang khas yakni orange. Namun jika digunakan pada masakan akan memberikan warna kuning misalnya nasi kuning, gulai, dan masakan lain.

Kunyit juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Banyak produk obat yang menggunakan kunyit sebagai bahan utama maupun bahan pendukung. Kandungan kunyit yang paling utama adalah kurkumin dan juga minyak atsiri. Keduanya berperan dalam mengobati berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, anti mikroba, antioksidan, kolesterol, HIV, tumor, dan hepatitis.

Beberapa penyakit yang bisa diobati secara tradisional dengan menggunakan kunyit diantaranya:

1.     Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu digunakan untuk merangsang kantung empedu sehingga bisa menghasilkan empedu. Di Jerman rempah ini aman digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada pencernaan.

2.     Mengobati radang

Kurkumin juga mampu mengobati radang dengan menurunkan kadar dari 2 enzim yang mana menyebabkan terjadinya peradangan. Sementara itu peradangan banyak terhubung dengan penyakit-penyakit serius seperti leukemia, kanker, penyakit jantung, radang pada sendi, diabetes tipe-2, dan radang usus.

3.     Menjaga kesehatan jantung

Kunyit dapat membantu dalam mencegah adanya penumpukan plak pada pembuluh arteri. Gumpalan darah pun bisa dicegah sehingga aliran darah lancar. Namun untuk strudi akan kegunaan kunyit dalam hal ini perlu dipelajari lebih lanjut.

4.     Mencegah tumbuhnya kanker

Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat pencegah kanker dengan adanya kandungan antioksidan serta zat anti-inflamasi. Inflamasi ini merupakan penyebab utama timbulnya kanker. Kurkumin mampu digunakan untuk mengobati gejala dari penyakit kanker.

5.     Mengobati diabetes tipe-2

Kurkumin yang merupakan kandungan utama dari kunyit mampu merangsang produksi insulin pada pankreas. Sehingga kunyit bisa digunakan untuk pengobatan diabetes.

Kunyit adalah rempah-rempah yang mana banyak dikenal sebagai bumbu dapur dan jamu. Jamu dengan menggunakan kunyit sudah tidak asing dan masih banyak di perdagangkan di desa-desa. Banyak anak kecil yang suka dengan jamu-jamuan yang terbuat dari bahan kunyit ini.

Selain itu kandungan kunyit yakni kurkumin juga banyak digunakan dalam bahan baku pembuatan obat. Jelas sekali selain bisa digunakan untuk bahan dapur, kunyit memang memiliki sangat banyak khasiat yang bisa digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman ini sudah diakui bisa digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Namun penggunaannya tidak bisa sembarangan, harus dengan takaran yang sesuai.

Baca Juga