Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman lidah buaya atau dikenal juga dengan sebutan Aloe Vera, telah dari lama diketahu manfaat dan khasiatnya. Selain untuk menjadi tanaman hias, Aloe Vera atau Lidah buaya ini banyak sekali manfaatnya bagi luar tubuh ataupun dalam tubuh.  Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan. Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Manfaat Lidah Buaya :

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka.
    Telah dari dahulu diketahui bahwa tanaman lidah buaya digunakan sebagai penyembuh luka yang baik. baik itu luka bakar ringan ataupun kulit terbakar oleh sengatan sinar matahari. Kandungan anti bakteri yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya sangat manjur melewan infeksi dan memulihkan luka.
  2. Mengobati Sengatan Sinar Matahari.
    Tanaman ini memiliki rasa sejuk jika dioles. Maka banyak orang menggunakan lidah buaya ketika mengalami rasa terbakar oleh sinar matahari. Bahkan para peneliti pun meyarankan pelembab yang mengandung lidah buaya.
  3. Meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok
    Gunakan tanaman lidah buaya dengan cara mengoleskan merata dirambut ketika mandi. Bilas sampai bersih mengunakan shampoo. Lakukan 2x sehari. Sekarang banyak Shampoo dan Condisioner mengandung lidah buaya.
  4. Membantu sistem Pencernaan.
    Jus lidah buaya sekarang ini sangat diminati oleh orang yang ingin tubuhnya menjadi lebih ideal. selain enak, tanaman lidah buaya memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, dengan mengkonsumsi tanaman lidah buaya pencernaan menjadi lancar sehingga bagus buat orang yang menjalani program diet, mengeluarkan toksin-toksin (detoksifikasi).
  5. Bagus untuk dikonsumsi penderita jantung
    Para peneliti telah membuktikan bahwa dengan menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam tubuh/aliran darah, secara signifikan meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen kesuluruh tubuh. Selain itu terdapat nutrisi yang baik untuk tekanan darah, oksidasi darah, dan sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga dapat menurunkan tingkat kolesterol.
  6. Sumber Asam Amino
    Dalam sehari tubuh membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini sendiri. Lidah buaya sendiri mengandung 7 asam amino esensial dan 19 asam amino total, sehingga lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh sehari-hari.
  7. Mengatasi masalah Stretch Mark
    Bagi wanita masalah stretch mark merupakan masalah yang menjengkelkan setelah melahirkan. Jel lidah buaya membantu menyembunyikan masalah ini. Oleskan merata pada bagian perut/stretch mark rutin setiap hari, maka stretch mark akan berkurang.
  8. Masih banyak lagi manfaat dari tanaman lidah buaya ini, baik untuk dikonsumsi maupun untuk luar yang telah teruji secara klinis.

Baca Juga Artikel Tentang :