Manfaat Mengkonsumsi Kapulaga

Manfaat Mengkonsumsi Kapulaga

Tanaman Kapulaga merupakan tanaman rempah-rempah yang berasal dari India. Orang India dan orang arab banyak menggunakannya sebagai bumbu masakan. Tanaman ini atau rempah-rempah ini bila dikonsumsi sangat baik dalam menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengobati sariawan, mengatasi masalah pencernaan dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman Kapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Kapulaga sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Tanaman ini banyak mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Di dalamnya juga terkandung minyak atsiri yang baik bagi tubuh. Minyak dari kapulaga banyak digunakan sebagai antiseptik, antispasmodik, stimulan, obat sakit perut dan bahkan tonik. Mineral yang terkandung di dalam kapulaga seperti kalium, kalsium, magnesium dan tembaga. mineral-mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah, mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu kapulaga juga mengandung zat besi dan mangan. Zat ini dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Zat mangan adalah zat pendukung untuk enzim, superoksida dismutase, serta penangkal radikal bebas. Kapulaga juga kaya dengan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh

Berikut adalah manfaat-manfaat yang telah terbukti dari mengkonsumsi kapulaga :
1. Menurunkan Resiko Terkena Kanker
2. Baik untuk kesehatan jantung
3. Mengontrol kolesterol
4. Anti-depresan
5. Mengobati gangguan kencing
6. Antioksidan, antivirus, dan antibakteri yang baik.
7. Mengobati Asma
8. Mengobati nyeri sendi
9. Membantu memperlancar peradaran darah
10. Meningkatkan gairah seksual
11. Mengatasi Mual dan gangguan pencernaan
12. Mengobati sakit tenggortokan
13. Mencegah pembekuan darah
14. Mencegah flu dan batuk
15. Mencegah osteoporosis
16. Sebagai penyegar nafas

Namun ada efek samping yang dapat ditimbulkan bila mengkonsumsi kapulaga ini. Hanya saja tidak semua orang/tidak banyak orang yang mengalaminya. Efek samping yang dapat terjadi adalah : alergi, kompilasi batu empedu dan interaksi obat. Cara menghindari efek samping dari mengkonsumsi kapulaga adalah : usahakan jangan mengkonsumsi kapulaga secara berlebihan dan usahakan jangan mengkonsumsi kapulaga bersamaan dengan obat lain.

 

Baca Juga Artikel Tentang :