Manfaat Selasih

Manfaat Selasih

Manfaat Selasih untuk Kesehatan

Tanaman Selasih merupakan tanaman terna semusin ataupun tahunan yang telah lama dimanfaatkan daun dan bijinya sebagai bahan obat untuk gangguan kesehatan tertentu.

Deskripsi

  • Merupakan terna/herba tegak, sangat harum, tinggi 0,6-1,6 m.
  • Batang cokelat, segi empat.
  • Daun tunggal berhadapan, bertangkai, panjang 0,5-2 cm, bulat telur, ujung dan pangkal agak meruncing, permukaan daun agak halus dan bintil-bintik kelenjar, tulang daun menyirip, tepi bergerigi, panjangnya 3,5-7,5 cm, lebar 1,5-2,5 cm, warna hijau tua.
  • Bunga berwarna putih atau lembayung, kelopak sisi luar berambut, bulat telur terbalik dengan tepi mengecil sepanjang tabung.
  • Biji keras, cokelat tua, bila dimasukkan dalam air akan mengembang

Penyebaran
Tanaman ini berasal dari Thailand, dapat ditemukan di tempat lembab dan teduh di dataran rendah sampai ketinggian 450 m. Tersebar di seluruh pulau di Indonesia (terutama Sumbawa), bahkan di Asia, Eropa, dan bahkan ditemukan juga di Amerika Selatan

Kandungan Senyawa
Daun mengandung: asam kafeat, p-asam kumarat, Myresin, Rutin, Kuersetin. Seluruh herba mengandung minyak menguap yang terdiri dari: 1,8-Sineol, p-Cymene, Limonen, Linalool, Metilkaviol, Metil sinamat, Pinen, Safrol, alfa-Terpinen

Manfaat

  • Melancarkan sistem pencernaan
    Sembelit atau kesulitan dalam BAB bisa ditangani dengan biji selasih. Biji yang satu ini akan menjaga kesehatan sistem pencernan Anda, terutama organ pencernaan bagian usus agar penyakit sembelit bisa dengan mudah dicegah kemudian disembuhkan tanpa timbulnya efek samping pada tubuh.
  • Membantu mengeluarkan keringat
    Bagi anda yang dalam keadaan tidak sehat, biji selasih bermanfaat mengembalikan metabolisme tubuh sehingga normal. Badan yang sulit berkeringat, bisa diatasi dengan mengkonsumsi biji selasih dengan rutin.
  • Meringankan gejala batuk
    Antispasmodic dalam biji selasih mampu membantu menyembuhkan batuk rejan. Oleh karena itu, tidak heran jika sudah banyak masyarakat memanfaatkan biji selasih ini untuk ekspektoran dan obat batuk dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh yang dapat juga mengencerkan dahak.
  • Mencegah Gula Tinggi dalam Darah
    Biji selasih daoat membantu menormalkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2.
  • Mengobati stress
    Biji bunga kemangi ini tidak jarang dijadikan sebagai bahan aromaterapi karena ia memiliki efek menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, biji selasih atau biji bunga kemangi dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi.
  • Melancarkan saluran kemih
    Penyakit yang berhubungan dengan ginjal bisa diatasi, karena biji selasih dapat melancarkan saluran kemih sehingga mempunyai julukan “peluruh seni”. Alhasil masalah sulit buang air kecil tidak terjadi lagi.
  • Sebagai antioksidan
    Antioksidan penting bagi tubuh, karena berperan menjada daya tahan tubuh atau sistem imun sehingga dapat menangkal radikal bebas dan menghindarkan tubuh dari penyakit.
  • Menjaga kesehatan ginjal
    Kesehatan ginjal sangatlah penting, sebab jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik maka kesehatan tubuh akan terganggu. Untuk mencegahnya, lebih baik anda mengkonsumsi biji selasih.
  • Menurunkan demam
    sifat anti piretik dalam biji selasih bersifat mendinginkan. Hal ini sangat cocok untuk mengurangi demam. Selain itu, baik juga untuk mengatasi panas sakit tenggorokan, panas dalam, dan sebagainya.
  • Mencegah hipertensi
    Hipertensi adalah tekanan darah di tubuh diatas batas normal. Manfaat biji selasih salah satunya untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah.
  • Khasiatnya sebagai anti radang
    Selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu, selasih memang tidak akan mengiritasi perut karena pada tumbuhan herba ini terdapat unsur yang akan mencegah perlukaan dalam tubuh. Semua bagian dalam biji selasih dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, tangkai, bunga, biji serta minyak atsiri yang dikandungnya untuk mengobati berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis.

Mungkin Anda Menyukai