Manfaat Tanaman Bligu (Buah dan Biji)

Bligu/Bligo/Kundur – Tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia terutama untuk daerah dataran rendah. Penggunaannya biasanya sebagai bahan masakan atau sayuran karena mirip dengan labu.

Memiliki nama latin/ilmiah Benincasa hispia Cogn, tanaman ini memiliki banyak nama di Indonesia tergantung daerah. baligo, leyor (Sunda), baligo (Jawa), kundo (Aceh), undru (Nias), Kundue (Minang), Sardak (Lampung), butong (Dayak) dan masih banyak lagi sebutan untuk tanaman ini.
Jika tidak dikupas kulit luarnya, buah bligo akan awet selama setahun. Hal ini disebabkan oleh lapisan lilin yang mencegahnya dari serangan mikro-organisme pembusuk. Jadi wajar jika orang luar negeri menyebutnya labu berlilin.

Botani Tanaman Bligu :

  • Tanaman menjalar
  • Batang berkayu, lunak, berbulu, warna hijau
  • Daun tunggal, bulat, tepi rata, ujung tumpul, pangkal membulat, panjang 10-17 cm, lebar 9-15 cm, warna hijau.
  • Bunga tunggal, berkelamin dua, tumbuh di ketiak daun, mahkota berbulu halus, warna kuning.
  • Buah buni, bulat memanjang, berdaging, panjang 15-20 cm, warna hijau keputih putihan.
  • Bagian yang Digunakan Biji dan buah.

Senyawa
Buah kundur mengandung nutrisi gizi dan non gizi seperti protein, thiamin, vitamin C, karbohidrat, alkaaloid kukurbitina, minyak lemak, asam nikotinat (niasin), riboflavin, vitelin, asam resin, miosina, dan cucurbitacin. Senyawa penting yang terdapat di dalamnya termasuk tannin, poliffenol, saponin, dan flavonoida. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Karakteristik/sifat : Manis, mendinginkan, dan membersihkan paru. Khasiat : Hemostatik, diuretik, dan ekspektoran Penelitian/Uji : Hermanto, 1993. Farmasi, WIDMAN. Pembimbing: Drs. J. Soemartojo dan dr. Hidayat Dharmasagara. Telah melakukan penelitian pengaruh infus buah Bligu dibandingkan buah Leganaria leucantha terhadap penurunan suhu tubuh tikus putih. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata infus buah Bligu menunjukkan pengaruh menurunkan suhu tubuh tikus putih. Infus buah Bligu 40% menunjukkan efek yang sama dengan infus buah Leganaria leucantha 40% dalam hal menurunkan suhu badan.

Pemanfaatan :
Biji:
-Batu ginjal.
-Demam.
-Kencing manis.
-Pelembut kulit.
-Radang paru
-Radang usus
-Sembelit
-Tonik.
-Wasir

Buah:
1. Disentri.
2. Panas dalam.
3. Perdarahan pada organ bagian dalam.
4. Tonik.

 

Baca Juga Artikel Tentang :