Manfaat Tanaman Boroco

Tanaman Boroco – Tanaman Boroco mungkin sering anda lihat di taman atau pinggir jalan atai pinggir lapangan. Tanaman bunga boroco kadang disebut dengan boborocon, sangsri, baya kasubiki, bayam ekor belanda. Sedangkan nama ilmiah dari tanaman ini adalah Celosia argentea atau celosia magaritacea, masih tergolong keluarga bayam-bayaman (amaranthaceae). Kerabat dekat dari tumbuhan ini adalah bunga jengger ayam. Dalam bahasa Inggris disebut quil grass atau wild coxcomb, sedangkan orang Cina menyebutnya dengan qing xiang zi.

Manfaat Tanaman Boroco
Tumbuhan boroco mempunyai batang yang tegak serta memiliki tinggi sampai 1 meter.
Daun tumbuhan boroco merupakan daun tunggal dengan bentuk lanset seperti bulat telur. Pinggir daun memiliki gerigi tapi halus dengan ujung daun meruncing dan pangkal daunnya runcing. Daun yang memiliki tangkai pendek ini berwarna hiaju atau merah. Batangnya kasar dengan cabang banyak dengan warna batang hiaju, merah atau ungu. Untuk bunganya sendiri tumbuh dari ujung batang dengan warna merah keunguan atau merah keputihan. Ukuran bunga boroco sendiri bisa mencapai 10 cm dengan bentuk bulir dan dalam setiap bulirnya terdapat banyak buah serta dalam setiap buah memiliki banyak biji.

Kandungan :
Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalam daun bayam kucing termasuk flavonoida, saponin, glikosida, tannin, alkaaloida, asam amino, fitosterol, karbohidrat, dan protein. Efek farmakologis dari tanaman ini termasuk anti hipertensi, anti hipertensi, dan anti radang mata.

Manfaat :

  • Mengatasi Muntah Darah
    Untuk menghentikan muntah darah menggunakan tanaman boroco sangat mudah serta gampang sekali untuk membuatnya. Buatlah sup dari tanaman broco makan 1x sehari.
  • Obat Disentri
    Untuk mengatasi disentri tersebut bisa menggunakan ramuan dari tanaman boroco. Boroco ini akan membunuh kuman atau bakteri penyebab disentri tersebut. Minum air rebusan dari tanaman Boroco secara rutin.
  • Mengatasi Infeksi Mata Bagian Dalam Dan Luar
    Mata sangat rentan sekali terhadap iritasi apalagi bagi yang sering berkendara sepeda motor tanpa pelindung mata. Debu merupakan faktor yang paling berperan penting dalam terjadinya iritasi mata. Iritasi mata terjadi dibagian luar dan dalam mata. Atasilah iritasi mata tersebut dengan ramuan dari tanaman boroco. Ramuan boroco akan menyembuhkan iritasi mata baik bagian luar maupun dalam.
  • Mengatasi Keputihan
    Masalah keputihan merupakan suatu masalah bagi kaun perempuan dan sangat mengganggu sekali. Keputihan ini terjadi karena serangan bakteri atau kuman. Masalah kebersihan merupakan masalah utama yang membuat keputihan itu muncul. Untuk mengatasi masalah keputihan ramuan boroco bisa menjadi solusi yang tepat.
  • Mengobati Hipertensi
    Banyak sekali obat dipasaran yang dijual untuk mengobati hipertensi (darah tinggi). Berbagai obat tersebut tentunya menggunakan bahan kimia yang besar kecilnya mempunyai efek samping. Untuk itu cobalah menggunakan bahan alami yang tidak menggunakan bahan kimia sehingga tidak mempunyai efek samping. Banyak sekali pengobatan alami untuk hipertensi dan salah satunya adalah dengan boroco. Tanaman boroco ini sangat efektif mengatasi hipertensi.

Efek samping :
Bila diminum secara wajar tidak akan menimbulkan kontra indikasi, konsultasi ke dokter untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga Artikel Tentang :