Manfaat Tanaman Calincing

Tanaman Calincing : Tanaman ini mempunyai banyak nama, semanggen, daun asam kecil (Jawa), lela (Aceh), cembicenan (Madura), dan mala-mala (Ternate). Tanaman calincing merupakan tumbuhan obat (herbal) yang dapat tumbuh liar di tempat-tempat terbuka maupun di tempat yang terlindung, seperti di pinggir jalan atau di lapangan rumput. Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai tempat, dari daerah pantai sampai daerah pegunungan.

Penyebaran :
Tanaman ini banyak ditemukan dipinggir jalan, padang rumput, maupun kebun-kebun. Di Pulau Jawa diteumukan di peinggir pantai sampai denganpegunungan dengan ketinggian 3.000 mdpl. Tanaman ini berasal dari eropa namun saat ini hampir bisa ditemui diseluruh dunia karena penyebarannya telah merata.

Ciri-ciri Tanaman :

  • Calincing memiliki panjang hanya 3-35 cm yang tumbuh dengan cara menyerap.
  • Tergolong ke dalam tumbuhan hijau abadi.
  • Calincing punya batang yang lunak dan banyak bercabang.
  • Bentuk daun calincing majemuk, berjari tiga dan bentuk anak daunnya berbentuk bulat, hijau muda serta bertangkai panjang.
  • Bunga calincing bentuknya kecil, menyerupai payung dan berwarna kuning.
  • Buah calincing berbentuk lonjong, kotak, tegak serta memiliki bagian ujung yang bentuknya seperti paruh, berwarna coklat kemerahan apabila sudah matang.

Kandungan Senyawa :
Tanaman calincing juga mengandung kandungan bermanfaat seperti zat samak, minyak atsiri dan juga saponin, zat asam oksalat, 2′-0-(beta-D-glucopyranosyl)-isovitexin, karoten, asam okskorbat, asam tartrat, asam malik, asam sitrat, swertsin, isovitexin dan isoorietin, flavonoid, tanin dan polifenol.

Manfaat :

  1. Mengobati demam
    Daun calincing juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati gejala panas saat demam. Daun ini memiliki fungsi alami untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi sehingga mampu mengatasi demam.
  2. Mengobati flu
    Selain untuk demam, daun calincing juga nyatanya bisa anda manfaatkan untuk meredakan gejala flu. Hal tersebut di karenakan daun ini memiliki antivirus alami yang sangat kuat termasuk untuk mewalan virus penyebab flu.
  3. Mengatasi terlambat datang bulan
    Bagi anda para wanita yang kini tengah memiliki masalah siklus haid yang tidak teratur, Cara alternatif alami untuk mengatasinya adalah dengan memanfaat daun calincing ini.
  4. Mencegah infeksi pada saluran kemih
    Manfaat tanaman calincing yang lainnya adalah di percaya ampuh untuk mencegah infeksi yang terjadi pada saluran kencin. Kandungan alami yang terdapat di dalam tanaman ini memiliki antiinfeksi alami yang mana dapat menyehatkan saluran kencing anda.
  5. Mengatasi lelah dan letih
    Khasiat daun calincing lainnya adalah dapat mengatasi rasa lelah dan lesu pada tubuh anda. Jika saat ini anda memiliki tubuh yang mudah kecapean atau lemas, anda bisa mencoba ramuan alami dari daun calincing untuk menyegarkan tubuh anda kembali.
  6. Mengobati hepatitis
    Daun calincing juga ternyata sangat baik untuk pengobatan alternatif penyakit hepatitis. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa mengonsumsi air rebusannya. Namun tetap saja, anda perlu meminta saran dari dokter anda tekait hal tersebut.
  7. Mencegah hipertesi
    Hipertensi adalah salah asatu permasalahan kesehatan yang bisa di katakan cukup berbahaya sebaba dapat menimbulkan kompilkasi mulai dari stroke hingga penyakit jantung. Bagi anda yang ingin terhindar dari masalahan kesehatan yang satu ini, sebaiknya anda sejak saat ini memanfaatkan daun meniran. Kandungan yang terdapat di dalamnya di ketahui mampu menurunkan gejala hingga melindungi tubuh anda dari serangan hiprtensi ini.
  8. Mengatasi penyakit diare
    Penyakit diare juga bisa nda atasi dengan menggunakan daun calincing. Daun ini sendiri di percaya berkhasiat dapat menghentikan gejala diare dengan membunuh kuman penyebab diare yang terdapat di tubuh anda. Jangan lupa pula untuk mengatur krbersihan makanan yang anda konsumsi agar anda bisa terhindar dari masalah diare yang berkelanjutan.
  9. Mencegh radang tenggorokan
    Kandungan alami berupa antiinflamasi yang terdapat di dalam daun calincing juga ternyata dapat mencegah radang di tenggorokan. Daun ini mampu membuat tenggorokan anda menjadi lebih segar dan lega tanpa adanya gejala radang yang menyerang.
  10. Melancarkan aliran darah
    Daun unik dan cantik ini juga ternyata mempunyai manfaat yang ampuh dalam membuat peredaran darah anda tetap lancar sehingga penyakit penyumbatan darah tidak menyerang tubuh anda.

Adapun selain dari pada itu, masih banyak manfaat daun calingcing beserta bagain tumbuhannya lain seperti dapat meredakangejala asma, mencegah pnyakit disentri, sebagai obat radang amandel tradisional, baik untuk pencernaan, membantu mengobati penyakit ginjal, mengobati luka koreng, eksim, bisul dan juga gigitan akibat serangga.

 

Baca Juga Artikel Tentang :