Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Tubuh

Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Tubuh

Tanaman Ciplukan atau yang nama latinnya Physallis Peruviana L, merupakan tanaman perdu sejenis tomat dan terong. nama lainnya disetiap daerah belum tentu sama, ada yang mengenal dengan nama ciplukan, kenampok, lapunonat, leletokan, cecenet, kopok-kopokan, dan lain-lain.

Tanaman ini termasuk tanaman liar. Bila ada tanah kosong yang lembab dan gembur, akan sering kita temui tanaman ini. tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 0 – 1.500 dpl. Tanaman ini dapat mencapai tinggi sampai dengan 50 cm, dengan batang persegi dan berwarna hijau, ukuran daunbentuk bulat telur memanjang dan lancip dengan panjang 3,5 cm – 10 cm.

Kandungan zat kimia yang ada di tanaman ciplukan : tanaman ciplukan banyak mengandung chlorogenik acid, asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin c dan lain-lain.

Tanaman ciplukan baik untuk mengobati penyakit :

  1. Menyembuhkan penyakit flu
    Ambil seluruh batang ciplukan baik itu akar, daun dan batangnya.
    Potong kira-kira panjang 4/5 cm, lalu jemur sampai kering lalu bungkus dengan plastik agar tidak ada air atau udara yang masuk. Jika ingin digunakan, ambil sebanyak 15 gr lalu direbus. minum air rebusan tersebut selagi hangat.
  2. Menyembuhkan penyakit batuk
    sama seperti cara menyembuhkan flu, hanya saja dapat ditembahkan perasan air jeruk nipis ketika hendak diminum. Minum selagi hangat.
  3. Mengobati kencing manis.
    Untuk mengobati kencing manis rebus air bersama dengan potongan tanaman ciplukan, rebus air hingga volume air tinggal separuh. minum 2 x sehari.
  4. Mengobati penyakit paru-paru
    minum rebusan air tanaman ciplukan secara rutin, maka akan mengobati sakit paru-paru
  5. Obat asma
    sama dengan diatas, minumlah rebusan air tanaman ciplukan secara teratur.
  6. Menurunkan demam tinggi
  7. Mengobati menyakit jantung
    untuk mengobati penyakit jantung caranya adalah ambil 50 helai daun ciplukan, blender seperti anda membuat jus, blender sampai halus, minum tanpa campuran apapun.

Tanaman ciplukan juga biasa untuk mengobati obat luar seperti bisul, atau pun mengobati borok. Tapi ada juga mitos yang beredar bahwa tanaman ciplukan jangan dikonsumsi bersama kopi, karena akan keracunan.

Baca Juga Artikel Tentang :