Manfaat Tanaman Hanjuang

Tanaman Hanjuang/Andong (Cordyline fruticosa (L.) A.Chev.)-Tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman pelindung atau pembatas pada sawah atau ladang. Jenis tertentu populer sebagai tanaman hias. Dalam masyarakat Indonesia “Hanjuan” khususnya dalam masyarakat Sunda, Bali dan Jawa berarti “pembatas ruang” baik secara harafiah dan filosofis.

Penyebaran Tanaman Hanjuang :
Tanaman asli Indonesia, namun telah sejak dahulu menyebar luas. Menjadi salah satu tanaman eksotik di benua eropa. Tanaman ini biasa di tanam di pekarangan sebagai tanaman hias, taman atau kuburan. Dapat pula dipakai sebagai tanaman pagar/batas. Dapat tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.900 mdpl. Berkembang dengan tunas dan stek batang.

Ciri-ciri tanaman :
Tanaman ini berbentuk perdu bercabang; tinggi 2-4 m. Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin. Akar Hanjuang adalah kakar serabut, berwarna putih kekuningan. Batangnya bulat, keras, bekas dudukan daun nampak jelas, bercabang, coklat keabu-abuan. Tanaman Andong berdaun tunggal, daunnya berbentuk lanset dengan panjang sekitar 30 – 50 cm, sedangkan lebar daun 5 – 10 cm, pada ujung dan pangkalnya berbentuk runcing, tepi rata, letak daunnya terutama diujung batang terlihat berjejal dengan susunan seperti spiral. pelepah 5-10 cm, pertulangan menyirip.
Bunga Majemuk berbentuk malai, di ketiak daun dengan panjang sekitar 30 cm, warnanya dadu atau hijau ungu, ada juga yang berwarna kuning muda bertangkai panjang, bercabang melebar, dengan daun pelindung yang besar pada pangkal cabang dengan panjang ± 1,4 cm. Anak daun pelindung pada pangkal bunga kecil.

Kandungan Senyawa Dalam tanaman Hanjuan/Andong :
Manfaat tanaman andong atau hanjuang ini terletak pada daunnya, daunnya yang lebar dan merucut tersimpan kandungan seperti zat flavonoid, tanin, saponin, zat besi, timidine, kalsium oksalat, steroida, polisakarida, dan polifenol. selain banyak kandungan didalamnya ternyata tanaman ini mempunyai sifat sebagai antibakteri, antikoagulan dan antiproliferatif yang bisa disebut dengan anti kanker

Manfaat Tanaman Hanjuan/Andong :

  1. Obat Disentri
  2. Obat Wasir
  3. Obat Radang Gusi/Anti Inflamasi
  4. Memperlancar Haid
  5. Obat Batuk Berdahak
  6. Mengobati Kencing Berdarah
  7. Meringankan Gejala Asma
  8. Obat Maag
  9. Anti Kanker
  10. Menghentikan Pendarahan
  11. Obat Tuberculosis

Efek Samping :
Bila dikonsumsi secara wajar tanaman ini tidak memiliki efek samping karena merupakan obat herbal, hindari mengkonsumsi secara berlebihan. Konsultasi dengan dokter bila muncul kontrindikasi.

Baca Juga Artikel Tentang :